Kriminalitas kemarin, saksi kasus kerumunan Rizieq hadir di pengadilan

Kriminalitas kemarin, saksi kasus kerumunan Rizieq hadir di pengadilan

Layar telepon pintar menampilkan suasana sidang kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab yang digelar secara virtual di PN Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021). Rizieq Shihab kembali dsidangkan dengan agenda putusan sela untuk dua perkara yaitu kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan kerumunan di Megamendung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Lima berita kriminalitas di DKI Jakarta terpopuler pada Senin (12/4) kemarin, para saksi kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) saat persidangan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, berikut rangkumannya:

Ini alasan Mantan Kapolres Jakpus tak bubarkan acara Rizieq Shihab

Eks Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengungkapkan alasan dirinya tidak membubarkan acara pernikahan putri Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, pada 14 November 2020 karena takut rusuh.

Heru Novianto mengatakan pihak kepolisian tak dapat membubarkan acara tersebut untuk menghindari terjadinya potensi kerusuhan antara massa simpatisan dan petugas kepolisian.

"Apabila saya lakukan pembubaran pada malam itu akan terjadi kerusuhan dan akan sangat rawan sekali," kata Heru Novianto dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin.

Baca selengkapnya

Sidang Rizieq, saksi sebut ratusan ribu simpatisan jemput di bandara

Senior Manager of Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta Oka Setiawan, yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang Rizieq Shihab menyebut terdapat ratusan ribu massa simpatisan melakukan penjemputan kedatangan mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

"Pada saat tanggal 10 itu berjalan dengan tertib sampai area kedatangan terminal. Tapi pada kenyataannya, rencana kita dari malam sampai pagi, simpatisan itu cukup banyak jumlahnya, ratusan ribu," kata Oka Setiawan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin.

Baca selengkapnya

Mantan Kapolres Jakpus jelaskan penutupan jalan di Petamburan

Mantan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menjelaskan bahwa penutupan ruas Jl. KS Tubun saat acara pernikahan putri Rizieq Shihab pada 14 November 2020 tidak dilakukan oleh petugas kepolisian atau Dinas Perhubungan (Dishub).

"Dari pihak mereka sendiri, mereka memasang kursi dan memasang mobil dari ujung ke ujung sehingga akses tidak bisa dilewati," ujar Heru Novianto dalam sidang lanjutan Rizieq Shihab dengan agenda pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin.

Baca selengkapnya

Mantan Wali Kota Jakpus telah ingatkan Rizieq Shihab patuhi prokes

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengungkapkan telah mengingatkan Rizieq Shihab dan panitia acara Maulid Nabi dan pernikahan putrinya agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Pernyataan itu dia sampaikan saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan Rizieq Shihab dengan agenda pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Kami sampaikan ke panitia maulid, kedua pada Habib Rizieq Shihab selaku orang tua. Intinya soal prokes harus dilaksanakan," kata Bayu Meghantara dalam persidangan di PN Jakarta Timur, Senin.

Baca selengkapnya

Sidang Rizieq, kuasa hukum akan dengar seksama keterangan saksi

Anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan bahwa pihaknya akan mendengarkan secara seksama keterangan para saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Aziz Yanuar menambahkan bahwa pihaknya akan memeriksa secara cermat keterangan saksi yang dihadirkan oleh JPU, apakah sesuai dengan yang ada dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) atau sebaliknya.

Baca selengkapnya
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021