Erick Thohir ingin Pertashop tingkatkan kesejahteraan umat

Erick Thohir ingin Pertashop tingkatkan kesejahteraan umat

Ketua Masyakarat Ekonomi Syariah Erick Thohir (tengah) meresmikan pengoperasian Pertashop kawasan pondok pesantren Nurul Qur'an Karangpetir di Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (11/4/2021). ANTARA/HO-Kementerian BUMN.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengharapkan Pertamina Shop atau Pertashop dapat membantu meningkatkan kesejahteraan umat melalui bisnis jual beli bahan bakar.
 
"Pertashop ini bagian dari BUMN dalam penguatan ekonomi masyarakat," kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Pertashop merupakan lembaga penyalur skala kecil milik PT Pertamina (Persero) yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM nonsubsidi, elpiji nonsubsidi, dan aneka produk ritel Pertamina lainnya.

Baca juga: Erick Thohir ingin nilai pasar Pertamina 2024 tembus 100 miliar dolar
 
Pertamina menjalin program kemitraan dengan pondok pesantren dalam mengoperasikan Pertashop, salah satunya dengan pondok pesantren Nurul Qur'an di Desa Surusunda, Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah.
 
Program ini merupakan inovasi baru perseroan untuk menumbuhkan kemandirian ekonomi pondok pesantren sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
 
Selain itu, pengoperasian Pertashop di desa dan kawasan pesantren juga dapat membantu masyarakat dalam akses BBM dengan harga terjangkau.

Baca juga: Erick Thohir minta BUMN berpartisipasi dalam pemerataan ekonomi
 
Erick menjelaskan bahwa pengoperasian Pertashop di kawasan pondok pesantren sesuai dengan empat pilar dalam Masyarakat Ekonomi Syariah yang berfokus pada pengembangan industri halal, pengembangan keuangan syariah nasional, investasi yang melibatkan pengusaha daerah, dan pengembangan ekonomi syariah secara berkelanjutan.
 
“Ini adalah proyek percontohan untuk menuju 1.000 pesantren dengan 1.000 bisnis, sehingga pesantren dapat mandiri secara finansial dan menguatkan ekonomi umat dan masyarakat sekitar,” kata Erick.
Pewarta : Sugiharto Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021