Koalisi pimpinan Saudi cegat pesawat nirawak Houthi

Koalisi pimpinan Saudi cegat pesawat nirawak Houthi

Pesawat tak berawak dipajang di sebuah pameran di lokasi tak dikenal di Yaman dalam foto selebaran tak bertanggal ini yang dirilis oleh Kantor Media Houthi (9/7/2019). ANTARA/REUTERS/HO-Kantor Media Houthi/aa.

Dubai (ANTARA) - Koalisi militer pimpinan Saudi yang memerangi gerakan Houthi Yaman mencegat dan menghancurkan drone yang diluncurkan oleh kelompok yang bersekutu dengan Iran menuju Khamis Mushait dan Jazan di Arab Saudi selatan, kata media pemerintah pada Minggu.

Koalisi mengatakan akan mengambil "langkah-langkah operasional yang diperlukan" untuk melindungi warga sipil sejalan dengan hukum internasional.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan di Twitter bahwa dua drone ditembakkan ke hanggar militer di bandara Jazan dan pangkalan udara militer di Khamis Mushait.

Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 melawan Houthi setelah gerakan itu menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional dari ibu kota Sanaa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika Serikat telah meningkatkan upaya diplomatik untuk kesepakatan gencatan senjata, yang disambut baik oleh Arab Saudi dan pemerintah Yaman yang didukung Saudi. Houthi mendorong pencabutan penuh blokade laut dan udara koalisi di wilayah yang dikendalikan kelompok tersebut.

Pasukan Houthi juga telah melancarkan serangan darat di wilayah Marib yang kaya gas di Yaman, benteng terakhir pemerintah di utara.

Sumber: Reuters
 
Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021