Menhan AS Lloyd Austin tiba di Israel, Iran jadi agenda

Menhan AS Lloyd Austin tiba  di Israel, Iran jadi agenda

Menteri Pertahanan AS yang baru Lloyd Austin menerima salaman siku dari Wakil Presiden Kamala Harris sebelum dilantik oleh Harris selama upacara singkat di Ruang Roosevelt di Gedung Putih di Washington, AS, Senin (25/1/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/FOC/sa/aa.

Jerusalem (ANTARA) - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin tiba di Israel Minggu dalam kunjungan pertama oleh perwakilan senior pemerintahan Biden, yang sikapnya terhadap Iran membuat khawatir pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Austin akan bertemu Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz selama kunjungan dua hari itu, yang menurut para pejabat akan mencakup diskusi tentang pasokan senjata AS ke Israel.

Washington telah berusaha untuk meyakinkan Israel tentang masalah keamanan regional sambil memulai kembali pembicaraan - sejauh ini tidak langsung dan tidak meyakinkan - tentang kembalinya AS ke kesepakatan nuklir 2015 antara negara-negara besar dan Iran yang dihentikan oleh pemerintahan Trump sebelumnya.

Israel telah lama mengkritik kesepakatan yang dipandangnya sebagai pembatasan sementara pada kemampuan nuklir Iran yang akan membuka jalan bagi Teheran untuk memproduksi bom dalam jangka panjang. Israel mengatakan pihaknya tidak akan terikat oleh diplomasi itu.

Israel dan Iran dalam beberapa pekan terakhir melaporkan sabotase ke kapal mereka di laut. Suriah menuduh Israel melakukan serangan udara di wilayahnya. Israel mengatakan sedang mencoba untuk membendung pembangunan pasukan Iran di negara tetangga Suriah.

Pada Minggu, Press TV Iran mengatakan masalah listrik telah menyebabkan insiden di situs pengayaan uranium bawah tanah Natanz, tanpa korban atau polusi. Teheran mengatakan program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

Israel, yang mencantumkan sabotase dunia maya di gudang senjatanya, tidak segera mengomentari insiden Natanz.

Sumber: Reuters
Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021