Sepekan, pengendalian transportasi mudik hingga subsidi ongkir belanja

Sepekan, pengendalian transportasi mudik hingga subsidi ongkir belanja

Pedagang melayani pembeli cabai rawit di Pasar Terong Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/4/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti dikeluarkannya aturan soal pengendalian operasional transportasi selama masa mudik Lebaran.

Kemudian, harga cabai yang dipastikan akan segera turun hingga Rp500 miliar subsidi ongkir belanja daring Lebaran.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat mulai 5-10 April 2021:

1. Pemerintah perluas penerima fasilitas penjaminan kredit modal kerja

Pemerintah memperluas penerima fasilitas penjaminan kredit modal kerja dengan merevisi beberapa ketentuan tata kelola dalam PMK 98/2020 berupa pelonggaran kriteria pelaku usaha korporasi sehingga bersifat lebih akomodatif dan fleksibel.

“Beberapa perubahan juga dilakukan agar kriteria penjaminan pemerintah lebih menyesuaikan dengan risiko yang dihadapi oleh penjamin, perbankan, dan pelaku usaha korporasi,” demikian kutipan keterangan resmi dari Kemenkeu yang diterima di Jakarta, Senin.

2. Kemenhub umumkan larangan operasional transportasi pada 6-17 Mei 2021

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Peraturan Menteri (PM) Nomor 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

“Pengendalian transportasi tersebut dilakukan melalui larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi, untuk semua moda transportasi yaitu moda darat, laut, udara dan perkeretaapian dimulai pada tanggal 6-17 Mei 2021,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam pernyataan pers secara daring di Jakarta, Kamis.

3. Pemerintah buka opsi sayembara desain Istana Negara di ibu kota baru

Pemerintah membuka opsi untuk melakukan sayembara desain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

“Nanti kita lihat apakah akan membuat sayembara istana negara atau sayembara arsitek dari gagasan bentuk garuda atau bagaimananya, nanti akan kita pikirkan,” ujar Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat wawancara daring bersama ANTARA di Jakarta, Rabu.

4. Pemerintah siapkan Rp500 miliar subsidi ongkir belanja daring Lebaran

Pemerintah menyiapkan dana Rp500 miliar untuk menyubsidi ongkos kirim (ongkir) dari pembelian barang melalui daring (online) pada H-10 atau H-5 menjelang Idul Fitri 1422 Hijriah, guna menstimulus konsumsi masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu, mengatakan pemerintah menyiapkan pagelaran Hari Belanja Nasional pada H-10 dan H-5 untuk penjualan barang produk dalam negeri.

5. Kementan pastikan harga cabai segera turun

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memastikan harga cabai segera turun dalam waktu dekat ini, dengan cara melakukan analisis dan berbagai perhitungan untuk menjaga stabilitas harga komoditas utama, baik dari sisi produsen maupun dari sisi konsumen.

"Secara nasional ketersediaan pangan kita aman. Bahkan pemerintah sudah melakukan perhitungan-perhitungan sampai bulan Mei atau setelah lebaran. Tentu kewajiban kami adalah menjaga harga di tingkat produsen maupun konsumen. Dua hal ini yang kita jaga bersama jajaran Kemendag," kata Agung dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

 
Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021