Kami berharap kolaborasi ini dapat membangkitkan kebanggaan masyarakat pada budaya lokal, sekaligus menjadi dukungan pada industri lokal dan ajakan agar masyarakat terus membangun ekonomi kreatif nasional
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri mengenalkan edisi spesial kartu Mandiri e-money dengan tiga tema unik yang menampilkan dukungan bagi penguatan semangat nasionalisme untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan ketiga tema spesial tersebut hasil kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ketiga tema tersebut adalah e-money edisi Bangga Buatan Indonesia (BBI), e-money edisi Wonderful Indonesia, dan e-money edisi Mandiri Era Patriot.

"Inisiatif ini merupakan bentuk konsistensi dukungan perseroan kepada kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang telah digaungkan pada tahun lalu. Melalui tiga tema Mandiri e-money ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk menjadi Patriot Bangsa dengan #BanggaBuatanIndonesia, dukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan Bersama Kembali Berwisata #DiIndonesiaAja," kata Aquarius

Aquarius mengatakan, pada tahap awal pihaknya akan menerbitkan kartu Mandiri e-money berdesain tiga tema ini secara terbatas dan akan diedarkan terlebih dahulu melalui platform daring Tokopedia dan Blibli.

“Dengan kehadiran tiga edisi terbaru ini, maka secara keseluruhan Bank Mandiri telah menerbitkan lebih dari 23 juta kartu berlogo Mandiri e-money, baik dalam desain reguler ataupun edisi spesial. Harapannya, inisiatif ini juga dapat mendukung pengembangan bisnis perseroan di segmen kartu prabayar berbasis chip ini,” ujar Aquarius.

Dia melanjutkan, pihaknya berupaya menampilkan pilihan desain kartu yang khas Indonesia dengan kombinasi gambar dan warna yang menarik pada tiga edisi ini.

Pada edisi Bangga Buatan Indonesia, Bank Mandiri menampilkan seni budaya yang menjadi ciri khas atau identitas Indonesia, yakni seni lompat batu dari Pulau Nias, seni tari tradisional Bali, seni kuda lumping dari tanah Jawa, seni musik tradisional dengan gamelan Jawa dan seni pakaian tradisional.

Kemudian pada edisi wonderful Indonesia, desain kartu yang ditampilkan merepresentasikan lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Mandalika (NTB), Likupang (Sulawesi Utara), Labuan Bajo (NTT), Toba (Sumatera Utara), dan Borobudur (Jawa Tengah)

Sedangkan pada e-money edisi Era Patriot, Bank Mandiri juga berkolaborasi dengan Bumi Langit Digital Mediatama, sebagai pengelola intellectual property (IP) lokal terbesar Indonesia untuk menampilkan karakter Pahlawan Super Lokal karya seniman Indonesia.

Direktur Utama Bumi Langit Digital Mediatama Budiasto Kusuma menyebutkan ada empat karakter Jagoan lokal yang diangkat dalam edisi tersebut, yaitu Gundala, Sri Asih, Godam dan Aquanus.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat membangkitkan kebanggaan masyarakat pada budaya lokal, sekaligus menjadi dukungan pada industri lokal dan ajakan agar masyarakat terus membangun ekonomi kreatif nasional," katanya.

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021