Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng turun 309,27 poin atau 1,07 persen menjadi 28.698,80. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 1,19 persen menjadi 10.977,37.
Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong ditutup lebih rendah pada Jumat untuk mencatat kerugian mingguan, karena data inflasi China yang kuat meningkatkan kekhawatiran investor atas pengetatan kebijakan, sementara ketegangan Tiongkok-AS juga membebani pasar.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng turun 309,27 poin atau 1,07 persen menjadi 28.698,80. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 1,19 persen menjadi 10.977,37.

Untuk minggu ini, indeks Hang Seng turun 0,8 persen, sementara HSCE turun 2,1 persen.

Baca juga: Saham di Hong Kong dibuka menguat, indeks HSI terdongkrak 0,50 persen

Harga pokok produk pabrik China pada Maret naik pada laju tahunan tercepat sejak Juli 2018, data resmi menunjukkan pada hari Jumat, karena pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua di dunia terus mengumpulkan momentum.

Data ekonomi baru-baru ini kuat, tetapi analis memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan kekhawatiran inflasi dan pengetatan kebijakan.

Ketegangan Tiongkok-AS tetap menjadi hambatan bagi pasar.

Para pemimpin Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS memperkenalkan undang-undang besar pada Kamis untuk meningkatkan kemampuan negara itu untuk melawan pengaruh global China yang meluas dengan mempromosikan hak asasi manusia, memberikan bantuan keamanan, dan berinvestasi untuk memerangi disinformasi.

Baca juga: Saham China ditutup lebih rendah hari Jumat

Departemen Perdagangan AS mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya menambahkan tujuh entitas superkomputer China ke daftar hitam ekonomi AS karena membantu upaya militer China.

Masih banyak ketidakpastian di pasar, dan investor perlu memperhatikan putaran kedua pembicaraan tingkat tinggi Sino-AS yang diadakan pada April, Guodu Hong Kong mencatat dalam sebuah laporan.

Indeks Hang Seng akan tetap berada di sekitar level 29.000 poin untuk saat ini, pialang menambahkan.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,68 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,2 persen.

Yuan dikutip pada 6,5585 per dolar AS pada 08:15 GMT, 0,11 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya di 6,5516.

Pada penutupan, saham-A China diperdagangkan lebih tinggi 33,14 persen dibandingkan saham-H yang terdaftar di Hong Kong.

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021