Wali Kota Jakarta Pusat cek kelayakan pangan pasar modern

Wali Kota Jakarta Pusat cek kelayakan pangan pasar modern

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) meninjau kelayakan produk pangan di salah satu pasar modern di Gajah Mada Plaza, Jakarta Pusat. ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) melakukan pengecekan kelayakan produk pangan pada salah satu pasar modern di Gajah Mada Plaza, Jakarta Pusat.

"Kita ingin memastikan bahwa pangan yang tersedia itu memenuhi standar kesehatan dan keamanan, artinya ini sudah aman untuk dikonsumsi," kata Dhany saat ditemui di Gajah Mada Plaza Jakarta Pusat, Jumat.

Wali Kota Dhany Sukma mengambil sejumlah sampel pangan segar, seperti buah, sayuran, daging ayam, daging sapi, hingga produk makanan beku seperti bakso dan olahan daging lainnya.

Dhany menjelaskan bahwa belasan sampel tersebut kemudian diuji kelayakannya di mobil laboratorium keliling guna mengetahui ada atau tidaknya kandungan berbahaya dalam produk pangan yang dijual.

Baca juga: DKI jamin ketersediaan dan keamanan pangan jelang Ramadhan

Sejauh ini, tiga sampel buah-buahan, yakni anggur merah, anggur hijau dan apel merah sudah diketahui hasilnya.

"Dari ketiga sampel yang sudah ketahuan hasilnya, terkait dengan formalin hasilnya negatif semua. Insya Allah sementara aman hasil uji lab," kata Dhany.

Sementara itu, produk pangan lainnya masih menunggu hasil laboratorium. Ada pun jika ditemukan makanan yang mengandung berbahaya, seperti formalin, pihak Sudin KPKP akan menelusuri pemasok dari produk pangan tersebut.

Selain di Gajah Mada Plaza, Sudin KPKP melakukan tinjauan dan pengambilan sampel makanan di pasar modern lainnya, seperti Hypermarket Thamrin City, Foodmart Fresh Atrium Senen, Hero Menteng dan Transmart Carrefour Cempaka Putih.

Baca juga: Petugas gabungan uji keamanan pangan di Lotte Mart Kelapa Gading
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021