Jakarta (ANTARA) - PSSI mengumumkan bahwa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia Putri U-17 AFC tahun 2022 yang berlangsung pada 9-22 Mei.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Kamis, PSSI menyambut baik keputusan AFC tersebut. PSSI sekaligus memanfaatkan momen itu untuk mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang juga dilaksanakan di Indonesia.

"Kami bersyukur PSSI mendapat kepercayaan dari AFC untuk menggelar Piala Asia Wanita U-17 tahun 2022. Turnamen tersebut menjadi persiapan PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 mendatang agar sama-sama berjalan sukses dan lancar," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan menegaskan bahwa PSSI akan menggembleng dengan serius tim nasional putri yang akan berlaga di Piala Asia U-17 2022.

Baca juga: PSSI pasang target sepak bola putri capai 50 besar ranking FIFA

PSSI ingin timnas Indonesia dapat memberikan perlawanan terbaik dalam turnamen tersebut.

"Tentu kami akan mempersiapkan dengan baik timnas putri U-17 agar dapat bersaing dan berprestasi di turnamen tersebut. PSSI akan bekerja keras agar menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam penyelenggaraan," tutur Iriawan.

Selain Piala Asia Putri U-17, AFC dalam rapat komite eksekutifnya juga menetapkan Uzbekistan menjadi penyelenggara Piala Asia U-20 2022, tepatnya pada 4-17 April.

AFC memastikan semua turnamen yang berada di bawah naungannya akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat lantaran pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali.

Baca juga: Tekad belia-belia putri majukan sepakbola wanita Indonesia

Meski ada potensi Piala Asia Putri U-17 tahun 2022 dapat bergulir dengan penonton, AFC tidak mau mengambil risiko demi kesehatan semua pihak.

Dengan semua sumber daya yang ada, AFC mau menjalankan semua turnamennya dengan maksimal kala virus SARS-CoV-2 masih ada di nyaris di seluruh negara di dunia.

"Merupakan hal yang penting bagi kita semua untuk menunjukkan kepada dunia bahwa sepak bola Asia sudah siap untuk kembali. Untuk para pemain, tim dan suporter dari berbagai benua, dan sama pentingnya bahwa, kita harus membuktikan bahwa AFC terus berupaya melakukan semua hal terbaik untuk mewujudkan kompetisi yang aman dan bertaraf kelas dunia seperti yang tertuang pada visi AFC," kata Presiden AFC Sheikh Salman.

Baca juga: FIFA rancang aturan cuti bersalin bagi pesepak bola putri

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021