dikelola oleh panitia yang sudah ditunjuk supaya tidak bersifat personal
Flores Timur (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur memusatkan seluruh bantuan yang berasal dari berbagai lembaga pemerintah di Kantor Kecamatan Adonara Timur dan Lembata, Kabupaten Flores Timur.

"Semua bantuan pemerintah ditempatkan di Posko Terpadu, nanti dikelola oleh panitia yang sudah ditunjuk supaya tidak bersifat personal. Supaya nanti merata pembagiannya," kata Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif, saat meninjau lokasi banjir bandang di Kelurahan Waiwerang Kota, Adonara Timur, Kamis.

Latif mengatakan bantuan kemanusiaan yang sudah terkumpul di ruang Aula Kecamatan Adobara Timur berasal dari Presiden, Kementerian Sosial, TNI, Polri dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bila ruang transit bantuan di kantor kecamatan penuh, kata Latif, maka dapat didistribusikan sebagian menuju Mapolsek Adonara Timur yang berjarak sekitar 100 meter dari kecamatan setempat.

Baca juga: Mensos Risma: Cuaca buruk perlambat pendistribusian bantuan ke NTT

Baca juga: BNPB kirim lagi bantuan bencana siklon Seroja ke NTT


Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, mengatakan bentuk bantuan yang didistribusikan berupa makanan ringan, makanan instan, minuman, obat-obatan, perlengkapan balita hingga pakaian.

"Bantuan gelombang kedua dari Kapolri yang hari ini tiba langsung kita distribusikan ke sejumlah lokasi penampungan korban bencana alam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Flores Timur, Desa Lamahala Jaya dan Kantor Desa Lamahala," katanya.

Bantuan Kapolri ini diangkut menggunakan Kapal Polisi Barata-8004 milik Baharkam Polri serta dua pesawat khusus.

Kapolri mengirimkan bantuan 6 ton beras. Sementara ketua Bhayangkari Polri menyalurkan bantuan snack, roti, makanan basah, dan vitamin. Baharkam Mabes Polri mendistribusikan bantuan 1,8 ton sembako dan obat-obatan serta vitamin. Kakorbrimob Polri memberikan bantuan berupa enam truk sembako. Ada pula makanan siap saji.

Rishian mengatakan Korbrimob Mabes Polri mengerahkan lima unit mobil dapur lapangan dilengkapi peralatan masak dan bahan makanan yang siap diolah dan didistribusikan kepada warga pengungsi dan korban bencana alam di dua kabupaten Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

Mabes Polri juga mengerahkan enam unit truk bahan makanan yang disiapkan bagi kebutuhan dapur umum.

Baca juga: TNI AU kirim bantuan bagi korban bencana di Flores NTT

Baca juga: Kapolri kirim sembako dan dapur lapangan ke NTT

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021