Kunjungan wisatawan antar kota dalam provinsi yang akan dioptimalkan
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyiapkan strategi khusus dalam menghadapi larangan mudik agar industri pariwisata tetap berjalan saat libur Lebaran yaitu dengan menarik wisatawan lokal.

"Potensi wisatawan lokal ini yang harus digarap secara serius saat libur Lebaran nanti. Kunjungan wisatawan antar kota dalam provinsi yang akan dioptimalkan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, optimalisasi kunjungan wisatawan lokal saat libur Lebaran tetap harus dilakukan karena sampai sekarang tidak ada aturan atau larangan dari pemerintah pusat untuk menutup tempat wisata.

Baca juga: AP I Bandara YIA berikan layanan GeNose mulai 1 April

Aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, lanjut Wahyu, adalah larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat untuk mudik Lebaran dan nantinya akan dilakukan pengetatan di wilayah perbatasan.

"Jika wisatawan dari luar provinsi sulit masuk ke Yogyakarta akibat pengetatan di perbatasan, maka yang harus dilakukan adalah menggerakkan wisatawan lokal di DIY," katanya.

Meski demikian, lanjut Wahyu, potensi wisatawan lokal saat libur Lebaran diperkirakan tidak akan seramai apabila dibandingkan potensi wisatawan dari luar daerah.

"Peningkatan kunjungan wisata ke Yogyakarta sempat terjadi pada libur akhir pekan bertepatan dengan peringatan Paskah kemarin. Bahkan rerata okupansi hotel mencapai 60 persen," katanya.

Baca juga: Yogyakarta sebut masih kaji waktu pelaksanaan KBM tatap muka

Pada libur panjang akhir pekan tersebut, lanjut Wahyu, juga sudah dilakukan larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk bepergian ke luar daerah meski belum dilakukan pengetatan di perbatasan.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Aldi Fadlil Diyanto mengatakan, Yogyakarta memang tidak menutup tempat wisata sehingga satu-satunya cara agar industri pariwisata tetap berjalan aman adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami sudah melakukan sosialisasi dan promosi bahwa pariwisata di Yogyakarta tetap eksis dan dilakukan berdasar protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Baca juga: Yogyakarta ikuti ketentuan pemerintah pusat soal larangan mudik

Ia mengatakan saat ini sudah mendapatkan banyak pertanyaan dari pelaku usaha jasa pariwisata mengenai prosedur untuk berwisata di Kota Yogyakarta termasuk berbagai persyaratan perjalanan yang harus dipenuhi.

Kegiatan promosi pariwisata melalui Jogja Vaganza yang dilakukan belum lama ini, lanjut dia, juga memberikan hasil yang cukup baik yaitu ada tamu yang datang untuk berwisata ke Yogyakarta.

"Kami harus bisa meyakinkan bahwa pariwisata di Yogyakarta tetap aman dikunjungi dan pasti ngangeni," katanya.

Baca juga: Jadwal perjalanan KRL Yogyakarta-Solo alami penyesuaian mulai 1 April

Baca juga: Pemda DIY akan perketat pemeriksaan pendatang saat Lebaran 2021

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021