Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany berharap keberadaan tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran mampu meningkatkan kelancaran lalu lintas dan pertumbuhan ekonomi bagi daerah.

”Saya berharap dengan diresmikannya Fol Serpong-Cinere Seksi 1 ruas Sepong-Pamulang dapat mengurai kemacetan di jalan nasional khususnya Jalan Martadinata dan sekitarnya,” kata Wali Kota Airin dalam keterangannya, Ahad.

Ia menuturkan keberadaan ruas tol Serpong-Pamulang merupakan bagian dari "Jakarta Outer Ring Road" (JORR) II yang terkoneksi di kawasan metropolitan Jabodetabek dan bisa meningkatkan pertumbuhan di wilayah Kota Tangsel.

Keberadaan tol Serpong-Cinere akan menjadi salah satu alternatif akses warga Pamulang dari dan menuju ke BSD. Di samping itu, kedua jalan tol tersebut juga akan menjadi salah satu alternatif akses dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Dengan begitu, harapannya meningkatkan perekonomian kota Tangerang Selatan,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi harap tambahan 2 ruas JORR pecahkan kemacetan Jakarta
Baca juga: Kementerian PUPR berharap Tol Serbaraja tumbuhkan kawasan Balaraja


Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang Kamis (1/4) lalu.

Peresmian tersebut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Banten Wahidin Halim serta Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Jalan tol Serpong-Cinere memiliki panjang 10,14 kilometer dan terdiri atas seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 kilometer dan seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer. Sementara itu, tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 kilometer.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021