Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon susah payah menghindari kekalahan di kandang RC Lens setelah imbang 1-1 dalam laga pekan ke-31 Liga Prancis di Stadion Felix Bollaert-Dellelis, Sabtu waktu setempat.

Lyon gagal mengkonversi dominasi 60 persen penguasaan bola dan malah tertinggal lebih dulu akibat gol Jonathan Clauss sebelum menyamakan kedudukan melalui Lucas Paqueta.

Hasil itu membuat Lyon tertahan pada peringkat keempat dengan koleksi 60 poin, setelah disalip AS Monaco (62), sedangkan Lens (51) tak beranjak dari urutan kelima, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Monaco hajar Metz empat gol tanpa balas

Kedua tim sama-sama kesulitan menembus barisan pertahanan satu sama lain dan lebih banyak mengandalkan tendangan spekulasi jarak jauh pada setengah jam pertama pertandingan.

Pada menit ke-34 Cheick Doucoure akhirnya menjebol gawang Lyon namun dianulir oleh VAR yang menyatakan Florian Sotoca lebih dulu handball dalam proses serangan.

Tiga menit kemudian, Paqueta membuang peluang bagus untuk membuka keunggulan Lyon ketika sepakan kaki kirinya untuk menyambut umpan sundulan Bruno Guimaraes melenceng di kiri gawang.

Kiper tuan rumah Jean-Louis Leca dibuat sibuk pada awal-awal babak kedua untuk mementahkan setidaknya empat peluang berbahaya Lyon dari Memphis Depay, Karl Toko Ekambi dan Tinotenda Kadewere.

Penampilan gemilang Leca dibayar lunas oleh rekan-rekannya yang mencuri keunggulan pada menit ke-65 ketika Gael Kakuta mengirim umpan terobosan yang diselesaikan dengan sempurna oleh Clauss untuk menjebol gawang Lyon.

Baca juga: Lille tundukkan PSG dalam laga perebutan puncak klasemen

Lyon berusaha membalas tetapi sejumlah percobaan dari Kadewere dan Ekambi tak kunjung menemui sasaran sebelum Paqueta menyamakan kedudukan pada menit ke-81 dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Rayan Cherki yang tak dihentikan sempurna oleh Leca.

Upaya Lyon membalikkan keadaan semakin dipersulit lantaran Islam Slimani menerima kartu merah pada menit-menit terakhir waktu normal lantaran mengganjal keras Doucoure.

Skor imbang 1-1 memperpanjang tren tak menang Lyon menjadi tiga laga secara beruntun, sementara Lens kini sudah 10 pertandingan tak terkalahkan.

Minggu pekan depan, Lyon akan menjamu Angers di Stadion Groupama sedangkan Lens kembali main di kandang sendiri menghadapi FC Lorient.

Baca juga: Kylian Mbappe: saya lebih baik dibandingkan Messi dan Ronaldo
Baca juga: Pelatih Angers mundur setelah 10 tahun berkiprah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021