Jakarta (ANTARA) - Lille menundukkan Paris Saint-Germain 1-0 dalam laga pekan ke-31 Liga Prancis yang sekaligus menjadi ajang perebutan posisi puncak klasemen di Stadion Parc des Princes, Paris, Sabtu.

Gol semata wayang Jonathan David menjadi pembeda bagi Lille yang akhirnya merasakan kembali kemenangan tandang kontra PSG sejak 1996.

Lille kini naik ke puncak klasemen dengan koleksi 66 poin, menggusur PSG ke posisi kedua dengan selisih tiga poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Lille tergelincir dipecundangi Nimes

Neymar hampir membuka keunggulan PSG pada menit ketujuh lewat aksi akrobatiknya melepaskan tendangan gunting menyambut umpan silang Angel Di Maria, tetapi bintang Brazil itu gagal menemui sasaran.

Lantas pada menit ke-15 Kylian Mbappe membidik area tiang jauh saat menyelesaikan umpan sodoran Neymar, tetapi kiper Mike Maignan mampu melakukan penyelamatan untuk menggagalkan peluang tersebut.

Lima menit kemudian, Lille justru berhasil mencuri keunggulan ketika Jonathan Ikone menerobos dari sisi kanan sebelum melepaskan umpan tarik yang diselesaikan David dengan tembakan berbelok menaklukkan kiper Keylor Navas.

Keunggulan Lille bertahan hingga turun minum dan PSG berusaha menggempur sejak memasuki babak kedua, sayang umpan terobosan Neymar terlalu deras untuk dikejar Mbappe dan berakhir diamankan oleh Maignan.

Baca juga: Mbappe capai tonggak 100 gol saat antar PSG ke puncak

Maignan kembali sigap mengamankan gawang Lille pada menit ke-61 saat Neymar melepaskan tembakan voli dari tepian kotak penalti.

Lille, yang lebih banyak berkonsentrasi menggalang pertahanan, hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-79 saat memperoleh peluang jarang-jarang dalam situasi serangan balik, tetapi tembakan keras Burak Yilmaz masih bisa dimentahkan oleh Navas.

Frustrasi yang melanda para pemain PSG berujung dengan kartu merah yang diterima Neymar pada pengujung laga karena ia terpancing emosi saat dijegal Tiago Djalo. Djalo sendiri juga turut diusir oleh wasit Benoit Bastien karena perannya sebagai provokator.

Kemenangan itu jelas jadi hasil positif bagi Lille yang sempat menyongsong jeda internasional dengan dua laga nirmenang.

Lille selanjutnya akan bertandang ke markas Metz pada Jumat (9/4), sehari sebelum PSG melawat ke kandang Strasbourg.

Namun, pada Rabu (7/4), PSG terlebih dulu akan tampil di leg pertama perempat final Liga Champions menghadapi juara bertahan Bayern Muenchen.

Baca juga: Pochettino sebut PSG tidak lebih inferior dibandingkan Bayern Muenchen
Baca juga: Monaco hajar Metz empat gol tanpa balas
Baca juga: Pelatih Angers mundur setelah 10 tahun berkiprah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021