Berbagai kemudahan melalui inovasi-inovasi akan terus kami hadirkan
Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan mendorong peningkatan kualitas pelayanan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

"Sebagai badan yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat), BPJS Kesehatan selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Berbagai kemudahan melalui inovasi-inovasi akan terus kami hadirkan guna mempermudah peserta untuk bisa mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan​​​​​​," lanjut Ali Ghufron. 

Baca juga: BPJS Kesehatan gandeng Pegadaian beri kemudahan peserta JKN-KIS

Ghufron menuturkan, pihaknya sedang mengembangkan beragam inovasi untuk meningkatkan layanan bagi peserta di fasilitas kesehatan antara lain dengan mengurangi antrean pelayanan melalui pemanfaatan" face recognition" dan teknologi kecerdasan buatan. 

"Saat ini sedang kita kaji dan godok bersama pihak-pihak terkait, tentang apa saja yang diperlukan, bagaimana mempersiapkannya dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada, dan sebagainya, agar implementasinya di lapangan dapat berjalan lancar," ujar Ghufron.

Pihaknya juga berupaya mempercepat koordinasi rujukan antar fasilitas kesehatan, mengoptimalkan sistem bridging informasi BPJS Kesehatan dengan layanan fasilitas kesehatan, serta memperkuat upaya edukasi publik mengenai JKN-KIS.

Baca juga: BPJS Kesehatan raih penghargaan atas inovasi layanan digital

"Harapan kami, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto turut mendukung kelancaran implementasinya di lapangan nanti," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, pihaknya akan membantu menyukseskan penyelenggaraan Program JKN-KIS.

Menurut dia, dengan adanya transformasi manajemen di BPJS Kesehatan, diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan peserta dan meningkatkan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan-Wapres bahas program donasi iuran JKN-KIS

Andika menuturkan pihaknya juga meminta dukungan kepada BPJS Kesehatan untuk menambah sistem dan sarana dan prasarana sebagai penunjang pemberian pelayanan di RSPAD Gatot Soebroto.

Dia meminta agar pihaknya diberikan kepercayaan untuk bisa berimprovisasi dalam memberikan pelayanan.

"Kunjungan dari BPJS Kesehatan untuk mengevaluasi setiap program Kerjasama yang dilakukan antara TNI AD dan BPJS Kesehatan. Dengan pimpinan yang baru, diharapkan setiap perencanaan dari kerja sama yang sudah terjalin dapat ditingkatkan untuk membantu TNI AD dalam memenuhi setiap kewajiban untuk bangsa,” kata Andika.

Baca juga: Kepala BPJS Kesehatan: Peran Muhammadiyah untuk JKN-KIS sangat besar




 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021