Korban sudah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan
Palembang (ANTARA) - Tim SAR berhasil menemukan jasad seorang warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Sumsel, yang tenggelam di Sungai Ogan, setelah pencarian selama tiga hari.

Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika di Palembang, Kamis, mengatakan korban bernama Suwandi (45) ditemukan pukul 07.55 WIB dalam kondisi mengapung di pinggir sungai sekitar 24 kilometer dari lokasi awal tenggelam.

"Korban sudah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan," ujarnya.

Baca juga: Tim SAR temukan korban hilang tabrakan kapal cepat di Muba

Suwandi tenggelam pada Selasa (30/3) pukul 07.00 WIB saat akan berangkat bekerja, ia diketahui menggunakan perahu sampan seorang diri menyeberangi Sungai Ogan.

Pada saat menyeberang, arus Sungai Ogan cukup deras dan agak bergelombang dan diduga perahu sampan korban oleng akibat gelombang sehingga korban tidak mampu mengendalikan perahunya.

Akibatnya korban terjatuh ke dalam sungai, sementara perahunya tidak terbalik dan masih berada di sekitar lokasi tenggelam saat warga mengetahui korban telah tenggelam.

Baca juga: Tim SAR temukan 2 penumpang kapal tenggelam di Sungai Lilin Sumsel

Baca juga: Ratusan pelajar Palembang dididik Basarnas tentang penyelamatan jiwa


"Pencarian korban melibatkan personel TNI, Polri, Basarnas dan dibantu masyarakat setempat," kata dia menambahkan.

Herry juga mengingatkan masyarakat khususnya yang beraktivitas di sungai agar mengutamakan keselamatan baik perorangan maupun bersama-sama mengingat sudah banyak korban tenggelam di Sungai Ogan maupun Sungai Musi.

Selain itu pada pencarian korban-korban tenggelam terutama di perairan Sungai Musi, Tim SAR kerap menghadapi kendala derasnya arus dan keruhnya air sehingga personel kesulitan mencari posisi korban di dalam sungai.

Baca juga: Pencarian korban Bus Sriwijaya dihentikan total

Baca juga: Relawan ACT bantu evakuasi korban bus sriwijaya

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021