Kemarin, anggaran vaksinasi hingga harga bahan pokok stabil

Kemarin, anggaran vaksinasi hingga harga bahan pokok stabil

Petugas Kesehatan melayani jemaah calon haji berusia lanjut yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (30/3/2021). Kementerian Agama menargetkan vaksinasi kepada jemaah calon haji akan selesai pada Mei 2021, sebagai upaya antisipasi jika otoritas Arab Saudi memberikan kuota haji di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (31/3) mulai dari total anggaran program vaksinasi capai Rp130,03 triliun hingga Kementerian Perdagangan berupaya menstabilkan harga bahan pokok menjelang puasa Ramadhan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Anggaran vaksinasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan total anggaran program vaksinasi yang meliputi pengadaan, perawatan, insentif tenaga kerja hingga testing dan tracing COVID-19 mencapai Rp130,03 triliun.

“Total anggaran vaksinasi dan perawatan serta testing, tracing COVID-19 tahun 2021 ini adalah Rp130,03 triliun,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. LPI dorong pembangunan infrastruktur

Ketua Komisi Tetap Kebijakan Infrastruktur Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Mohammed Ali Berawi menyebutkan keberadaan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) akan mampu mempercepat pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

“Menurut saya secara pribadi ini merupakan sebuah terobosan yang perlu diapresiasi untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. 12 proyek jalan-jembatan masuk skema KPBU

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengungkapkan ada 12 proyek terkait pembangunan jalan dan jembatan yang rencananya akan dibangun menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) pada 2021.

"Proyek KBPU yang ready to offer (siap ditawarkan) 2021, yaitu yang sudah masuk dalam rencana KPBU (PPP Book) ada 12 yang terkait jalan dan jembatan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. ADB pinjami 450 juta dolar AS untuk vaksin

Bank Pembangunan Asia (ADB) menyetujui pinjaman senilai 450 juta dolar AS atau sekitar Rp6,3 triliun untuk membantu PT Bio Farma dalam memperoleh dan menyalurkan vaksin secara aman dan efektif.

Pinjaman ini merupakan bagian dari Responsive COVID-19 Vaccines for Recovery (RECOVER) yang mendanai pembelian sekurang-kurangnya 65 juta dosis vaksin COVID-19 bagi kelompok prioritas sesuai ketetapan pemerintah Indonesia.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Harga bahan pokok stabil

Kementerian Perdagangan berupaya menstabilkan harga bahan pokok menjelang puasa Ramadhan dengan cara menjaga ketersediaan pasokan bahan pokok itu sendiri di tanah air daripada menggelar operasi pasar.

“Tidak perlu operasi pasar, yang penting adalah pasokannya kita jaga,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra.

Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Menkeu jamin anggaran vaksinasi tersedia
Baca juga: Luhut: investasi UEA ke INA wujud kepercayaan ke pemerintah Indonesia
Baca juga: Kadin sebut LPI mampu percepat pembangunan infrastruktur RI
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021