Jakarta (ANTARA) - Atlet wushu andalan Indonesia Edgar Xavier Marvelo mengaku senang cabang olahraga yang digelutinya masuk salah satu cabang olahraga unggulan dalam Grand Design Olahraga Nasional Kemenpora.

Edgar mengatakan wushu pantas masuk daftar cabang olahraga unggulan karena tak pernah absen menyumbangkan medali, baik dalam ajang single event maupun multievent.

“Sangat senang ya karena wushu ini dipandang sebagai cabor unggulan oleh Kemenpora karena memang dari tahun ke tahun cabor wushu selalu menyumbangkan medali emas dari kejuaraan dunia, SEA Games dan Asian Games,” kata Edgar kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Peraih dua medali emas SEA Games 2019 itu berharap masuknya wushu pada daftar cabang unggulan bisa membuat dia dan seluruh atlet wushu kian semangat meraih medali untuk Merah Putih.

“Dengan adanya perhatian pemerintah seperti ini, kami sangat bersyukur dan akan meraih lebih untuk Indonesia. Saya harap dengan wushu jadi cabor prioritas ini bukan sebagai beban, tetapi tambahan semangat untuk kami,” kata dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebelumnya memastikan wushu masuk daftar 14 cabang olahraga unggulan dalam Grand Design Olahraga Nasional yang sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Edgar Marvelo sebut vaksin COVID-19 berpengaruh terhadap mental atlet

Kemenpora juga menempatkan 13 cabang lainnya, yaitu bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, senam artistik dan pencak silat sebagai cabang unggulan.

Wushu, menurut Zainudin, layak masuk cabang unggulan karena bisa mengangkat harkat dan martabat Indonesia pada level dunia.

“Wushu adalah salah satu cabang yang masuk di dalam 14 cabang olahraga unggulan yang bisa mengangkat harkat dan martabat kita di pentas dunia," kata Zainudin.

“Apalagi kalau nanti kita menang bidding menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032, kita pasti akan mendorong wushu menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Olimpiade 2032," tambah dia.

Wushu belum diakui sebagai cabang Olimpiade. Federasi Wushu Internasional sudah tiga kali mengajukan  permohonan kepada IOC pada 2001, 2008, dan 2011 agar wushu dapat dipertandingkan pada pesta olahraga empat tahunan itu. Namun usaha tersebut belum membuahkan hasil.

Pada 2011, wushu sempat mencapai putaran final dalam pemungutan suara untuk cabang olahraga baru yang akan debut dalam Olimpiade Tokyo 2020, namun upaya ini juga gagal.

Rapat dewan eksekutif IOC pada Desember 2019 menyepakati penambahkan lima cabang olahraga baru yang akan debut dalam Olimpiade Tokyo, yakni surfing, panjat tebing, karate, skateboarding, dan breakdancing.

Baca juga: Menpora dukung wushu dipertandingkan dalam Olimpiade

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021