Menristek: Riset dan inovasi penting gerakkan ekonomi saat pandemi

Menristek: Riset dan inovasi penting gerakkan ekonomi saat pandemi

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan riset dan inovasi penting untuk  menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi.

"Riset dan inovasi berperan penting dalam mendorong pergerakan roda perekonomian dalam negeri, khususnya di tengah pandemi," kata Bambang Brodjonegoro dalam talkshow daring bertajuk "Success Story Produk Karya Anak Bangsa, Riset dan Inovasi Sebagai Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi" di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BRIN tak bisa integrasi belanja riset tanpa pengundangan Perpres BRIN

Bambang pun berharap talkshow daring ini bisa menjadi ajang diskusi khususnya pihak LIPI, Kemenristek BRIN, Kemenkeu, Bappenas dan industri sebagai upaya peningkatan kegiatan riset dan inovasi dalam negeri.

Pihaknya pun mengapresiasi kinerja para peneliti dan industri yang telah berkolaborasi dalam menghasilkan karya.

"Para peneliti dan industri yang sudah kerja sama dengan baik untuk melaksanakan riset dan inovasi sehingga menghasilkan karya yang dapat dinikmati dan bermanfaat untuk masyarakat luas," kata dia.

Baca juga: Menristek dukung pengembangan imunomodulator berbasis biodiversitas

Ia menuturkan Kemenristek BRIN selalu berupaya memberikan dukungan penuh kepada lembaga penelitian dan pengembangan dan universitas untuk menghasilkan produk penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri.

Pemerintah pun terus berupaya mendorong partisipasi sektor swasta dalam riset dan inovasi, salah satunya melalui program insentif pengurangan pajak yang diatur dalam peraturan Kementerian Keuangan.

Baca juga: Vaksin Merah Putih sebagai upaya awal kemampuan hadapi pandemi

Baca juga: Menristek : Inovasi bantu UMKM naik kelas
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021