KAI buka layanan GeNose di empat stasiun Daop Purwokerto

KAI buka layanan GeNose di empat stasiun Daop Purwokerto

Petugas menjelaskan kepada calon penumpang kereta api cara melakukan tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19, di Stasiun KA Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/3/2021). PT. KAI menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 Per 20 Maret 2021 di 23 stasiun, diantaranya Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Bandung, Kiara Condong, Cirebon, Cirebon Perujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Kutoarjo, Purwokerto, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Stasiun Sidoarjo, Jember, dan Ketapang dengan tarif Rp30.000 per test. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka layanan pemeriksaan GeNose C19 di empat stasiun yang masuk wilayah PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto mulai 30 Maret 2021.

"Empat stasiun yang akan segera melayani pemeriksaan GeNose C19 itu terdiri atas, Stasiun Sidareja, Kroya, Gombong, dan Kebumen. Dengan demikian, di Daop 5 telah ada enam stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 karena sebelumnya, layanan tersebut telah dibuka di Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo," kata Pejabat yang Melaksanakan Tugas Manajer (PYMT) Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Willy Suryamiharja dalam keterangan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan hadirnya layanan pemeriksaan GeNose 19 di empat stasiun tersebut merupakan wujud dari komitmen PT KAI (Persero) dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi COVID-19.

Dalam hal ini, PT KAI (Persero) menambah 21 stasiun yang layani pemeriksaan GeNose C19 mulai 30 Maret 2021, yakni Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

Penambahan tersebut merupakan sinergi BUMN antara PT KAI (Persero) dan PT Indofarma (Persero) Tbk melalui anak usahanya, Farmalab.

Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 saat sekarang menjadi 44 stasiun karena sebelumnya telah ada 23 stasiun, yakni Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

Mengenai lokasi layanan pemeriksaan GeNose C19 di empat stasiun Daop 5 Purwokerto, Willy mengatakan untuk Stasiun Kroya berada dekat pintu keluar, Stasiun Sidareja di zona 3 stasiun, Stasiun Gombong di ruang utama (hall) gedung lama, dan Stasiun Kebumen di selasar stasiun.

Ia mengatakan untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

"Proses pemeriksaan GeNose C19 sangat mudah, cepat, dan nyaman serta biayanya terjangkau karena hanya sebesar Rp30 ribu," katanya.

Baca juga: Mulai 10 Maret, KAI operasikan KA Kertanegara rute Purwokerto-Malang

Baca juga: KAI terapkan jalur tunggal di lintas Linggapura-Bumiayu, ini sebabnya

Baca juga: Hari Pahlawan, guru dan tenaga kesehatan diberi Program Gratis Naik KA


 
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021