Poliban masukkan enam prodi setara S1 pada SBMPTN

Poliban masukkan enam prodi setara S1 pada SBMPTN

Ketua Tim Promosi dan  Publikasi Poliban Rudy Haryanto.(Antaranews Kalsel/Istimewa)

Banjarmasin (ANTARA) - Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan mengikutkan sebanyak enam Program Studi (Prodi) D4 atau setara S1 pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari 15 Maret hingga 1 April 2021 untuk tahun akademik 2021/2022.

Menurut Ketua Tim Promosi dan Publikasi Poliban Rudy Haryanto di Banjarmasin, Senin, jalur SBMPTN atau jalur bersama dengan universitas negeri lainnya ini menjadi salah satu peluang masuk kampus vokasi terkemuka di Kalsel ini.

Sebagai kampus yang melahirkan SDM ahli atau terampil, cepat kerja dan lulus tepat waktu tersebut, ucap dia, Poliban memiliki program studi yang setara S1 untuk mendapat sertifikasi keahlian tinggi yang sangat siap kerja di dunia industri.

Disebutkan Rudy, program studi yang ditawarkan masuk melalui jalur SBMPTN ini adalah sarjana terapan Teknik Bangunan Rawa dengan keahlian sebagai tenaga ahli dalam desain perencanaan konstruksi sipil.

Kemudian, katanya, program studi sarjana terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, yakni, dengan pendidikan ini menciptakan SDM ahli di bidang perancang bangunan jalan, jembatan dan manajer lapangan pembangunan jalan dan jembatan.
Baca juga: Poliban bangun jembatan darurat di wilayah banjir HST
Baca juga: Panasonic GOBEL Gandeng POLIBAN Untuk Tingkatkan Kompetensi Teknisi Indonesia


Selanjutnya, ucap Rudy, program studi yang baru dibuka tahun lalu adalah sarjana terapan Sistem Informasi Kota Cerdas. Di mana prodi ini untuk menciptakan tenaga ahli di bidang data architect, system analyst, cyber security analyst dan advance mobile computing.

Yang tidak kalah menariknya pada D4 di Poliban ini, kata dia, adalah program studi sarjana terapan Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, yakni, ada lima bidang keahlian bisa diserap, ahli power plant engineer, power plant consultant, energy management, energy auditor dan energy technopreneur.

"Dua studi lagi adalah sarjana terapan Akutansi Lembaga Keuangan Syariah dan sarjana terapan Bisnis Digital," ujar Rudy.

Untuk sarjana terapan Akutansi Lembaga Keuangan Syariah, tuturnya, ada tiga bidang, yakni, ahli akuntansi terapan lembaga keuangan syariah, ahli akuntansi terapan lembaga zakat, infaq, sedekah dan wakaf dan pelaksana BAZNAS dan LAZ.

Sementara itu untuk sarjana terapan Bisnis Digital, kata dia, ada enam bidang keahlian yang menjadi ciri lulusan, yakni, manajer pemasaran bisnis digital, pengembangan bisnis digital, analis sistem bisnis digital, analis data, konsultan bisnis digital dan technopreneur.

Dia menyatakan, enam prodi setara S1 di Poliban ini cukup besar diminati, sehingga Poliban tidak ragu menyatakan enam Prodi ini masuk menjadi andalan di kampusnya.

"Hingga kuota setiap Prodi itu selalu tercukupi bahkan lebih, karenanya ayo cepat daftar menjadi mahasiswa baru di kampus kami, jangan sampai terlambat," serunya.

Tentunya selain lewat jalur SBMPTN ini, Poliban juga membuka jalur SBMPN untuk D3 yang dibuka pada 10 Mei hingga 10 Juni 2021. Kemudian ada jalur prestasi yang dibuka pada 12--23 April 2021 dan jalur mandiri yang dibuka pada 21 Juni hingga
23 Juli 2021.
Baca juga: LSP Poliban pastikan cetak SDM kompeten siap kerja di industri
Baca juga: Politeknik dan industri rancang standar kompetensi vokasi
Pewarta : Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021