Ridwan Kamil apresiasi "Teras Indonesia" ruang khusus UMKM Jawa Barat

Ridwan Kamil apresiasi

Presiden Direktur IKEA Indonesia Patrik Lindvall (kiri), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah), dan Store Manager IKEA Kota Baru Parahyangan Diva Yohana Margaret (kanan) dalam konferensi pers pembukaan IKEA Kota Baru Parahyangan, Minggu (28/3/2021). ANTARA/Livia Kristianti.

Jakarta (ANTARA) - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Baru Parahyangan (KBP), Bandung Barat, kini bisa memamerkan karya-karya mereka di sebuah lokasi bernama “Teras Indonesia”.

Kehadiran ruang khusus bagi UMKM itu diapreasiasi langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga meresmikan toko kedua salah satu penyedia perabotan rumah tangga asal Swedia yang menjadi lokasi “Teras Indonesia”.

“Saya mengapresiasi kolaborasi dengan UMKM lokal, mulai dari desain hingga suplai barang-barang kerajinannya yang ada di Bandung Barat seperti matras, dan ada juga boneka," kata Ridwan Kamil dalam pembukaan IKEA Kota Baru Parahyangan, Minggu.

Baca juga: Pelaku UKM agar manfaatkan situasi pandemi untuk transformasi digital

Baca juga: Teten dorong lahirnya wirausaha baru melalui koperasi


"Kami berterima kasih dan memang kami butuh penghubung. Kami punya material hingga ide kreatif...Terima kasih juga sudah menunjukan kerja sama yang baik antara perusahaan lokal dan kreativitas lokal,” kata Ridwan Kamil, yang juga mengatakan bahwa hal itu dapat mendorong ekonomi para pengusaha lokal di Jawa Barat.

Ia pun menantikan kerja sama lainnya antara pihak swasta dengan Provinsi Jawa Barat. Sosok yang akrab disapa Kang Emil itu berharap pihak swasta dapat terus mendorong dan menggali potensi ekonomi-ekonomi lokal untuk mengembangkan UMKM lokal di Jawa Barat.

"Saya sudah menitipkan ke Pak Patrik (Presiden Direktur IKEA Indonesia), agar selalu melihat potensi ekonomi- ekonomi lokal atau UMKM. Jadi begini kalau resources-nya di Jawa Barat tolong didahulukan. Tapi kalau tidak ada di Jawa Barat baru cari ke tempat lain,” ujar Kang Emil.

Di “Teras Indonesia”, setiap bulannya akan ada tujuh UMKM yang menyediakan perabotan rumah tangga, yang telah dipilih lewat proses kurasi. Mereka diperbolehkan menunjukan karya-karyanya selama satu bulan.

UMKM yang dikurasi itu merupakan binaan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat.

“Jadi bersama Dekranasda Jawa Barat, nantinya UMKM yang terpilih di Teras Indonesia bisa memamerkan produknya selama satu bulan. Nanti setiap satu bulan ada 7 UMKM yang bisa mengisi Teras Indonesia,” kata Store Manager IKEA Kota Baru Parahyangan Diva Yohana Margaret.

Baca juga: Optimalkan sektor pertanian demi dorong pemulihan ekonomi

Baca juga: Dukung industri halal, BSI fokus ke UMKM dan layanan digital

Baca juga: Digitalisasi UMKM untuk bertahan, maju, dan naik kelas

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021