Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Belgia ditahan imbang tuan rumah Republik Ceko dengan skor 1-1 dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E di Stadion Sinobo, Praha, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Dalam laga yang banyak diwarnai peluang membentur tiang gawang itu, Belgia bahkan harus tertinggal lebih dulu akibat gol Lukas Provod dan baru bisa menyamakan kedudukan lewat Romelu Lukaku, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil tersebut menguntungkan Ceko yang mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup E berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan Belgia meski keduanya sama-sama mengoleksi empat poin sejauh ini.

Tim besutan Roberto Martinez berusaha lebih dulu menekan tuan rumah tetapi tembakan jarak jauh Dries Mertens masih mampu ditepis oleh kiper Tomas Vaclik dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Baca juga: Belgia pergi ke Praha tanpa tujuh pemain

Tuan rumah balik mengancam melalui percobaan Michael Krmencik menyelesaikan umpan Vladimir Coufal, tetapi tembakannya masih membentur tiang gawang.

Belgia kembali beroleh kesempatan membuka keunggulan pada menit ke-31 saat Kevin de Bruyne berusaha menyelesaikan umpan silang Lukaku, tetapi sundulannya masih bisa diamankan oleh Vaclik.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan lima menit memasuki babak kedua Ceko justru berhasil membuka keunggulan atas Belgia saat sepakan jarak jauh Provod gagal diantisipasi kiper Thibaut Courtois.

Belgia mampu membalas gol itu pada menit ke-60 ketika umpan De Bruyne diselesaikan sempurna oleh Lukaku dari tengah kotak penalti demi menaklukkan Vaclik.

Pada menit ke-70, Belgia hampir berbalik memimpin jika saja tembakan De Bruyne tak ditolak oleh tiang gawang.

Baca juga: Lukaku sempat tak percaya Belgia kebobolan dulu saat lawan Wales
Baca juga: Belgia balik lumat Wales 3-1


Enam menit jelang bubaran waktu normal, Ceko berpeluang merestorasi keunggulan mereka dalam situasi sepak pojok yang diakhiri sepakan Jan Boril, tetapi bola masih membentur mistar gawang.

Pada injury time, Ceko punya dua peluang untuk mengunci kemenangan sayang sepakan Lukas Masopust bisa diamankan oleh Courtois dan sundulan Tomas Soucek disapu oleh Toby Alderweireld sebelum melewati garis gawang.

Sebaliknya, peluang Belgia untuk memenangkan laga lewat tembakan jarak jauh Lukaku tak mampu melewati barisan pertahanan tuan rumah dan skor imbang bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Kedua tim akan kembali bermain pada Selasa (30/3) saat Belgia menjamu Belarusia di Den Dreef, Leuven, sedangkan Ceko bertandang ke Wales.

Baca juga: Turki permalukan Norwegia tiga gol tanpa balas
Baca juga: Bangkit usai dikalahkan Turki, Belanda tekuk Latvia 2-0
Baca juga: Dua gol Artem Dzyuba bawa Rusia menang atas Slovenia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021