Jakarta (ANTARA) - Belanda berhasil bangkit dari kekalahan atas Turki beberapa hari lalu, dengan mengalahkan Latvia 2-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Grup G di Johan Cruyff Arena pada Minggu dini hari WIB (28/3), demikian menurut laman resmi FIFA.

Meski mendominasi pertandingan, Belanda cukup kesulitan untuk menembus pertahanan tim tamu.

Belanda mencatatkan 37 peluang, tetapi hanya 11 yang mengarah ke gawang dan dua di antaranya menjadi gol. Dua gol tersebut ditorehkan oleh Steven Berghuis dan Luuk de Jong.

Hasil ini membuat Belanda sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan tiga poin, unggul jumlah gol atas Norwegia di posisi keempat.

Baca juga: Belanda takluk 2-4 di kandang Turki

Sedangkan Latvia berada di posisi kelima dengan nirpoin.

Kedua tim butuh kemenangan setelah kalah di pertandingan pembukaan.

Belanda tampil menyerang sejak menit awal, tetapi kesulitan untuk menciptakan gol. Pada menit keenam, Belanda nyaris saja unggul andaikan Igors Tarasovs tak menyapu bola tandukan De Jong tepat di garis gawang.

Tim tamu terus menekan pertahanan Latvia dengan umpan silang atau lewat umpan-umpan pendek di lini tengah, tetapi Latvia masih bermain disiplin dan sulit ditembus.

Di menit ke-16, Berghuis punya peluang bikin gol andaikan tembakannya tidak melebar.

Baca juga: Timnas Belanda soroti isu pekerja migran Qatar

Percobaan Berghuis pada menit ke-32 akhirnya membuahkan gol setelah tembakannya dari jarak 18 meter tidak bisa dihalau kiper Roberts Ozols. Skor menjadi 1-0 untuk Belanda.

Memphis punya kans memperbesar keunggulan Belanda pada menit ke-36 ketika memainkan umpan 1-2 dengan Owen Wijndal. Sayang, bola tembakan Memphis melenceng tipis.

Hingga turun minum, Belanda tetap memimpin dengan skor 1-0. Pada babak kedua, Belanda tetap kesulitan untuk memecahkan pertahanan Latvia.

Baca juga: Pelatih timnas Belanda ragukan kebugaran Van Dijk untuk Piala Eropa

Pada menit ke-56, Belanda membuat kemelut di depan gawang Latvia saat tandukan Matthijs de Ligt bisa ditepis kiper Ozols. Namun, bola masih bisa dihalau oleh barisan belakang tim tamu.

Belanda mendapat gol keduanya pada menit ke-68 melalui tandukan Luuk de Jong, yang memanfaatkan sepak pojok Memphis. Tim tuan rumah unggul dua gol tanpa balas.

Belanda beberapa kali menebar ancaman melalui Memphis dan De Jong, tetapi upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta dan dengan skor 2-0 untuk kemenangan Belanda.

Baca juga: Dua gol Artem Dzyuba bawa Rusia menang atas Slovenia
Baca juga: Yunani tahan imbang Spanyol 1-1
Baca juga: Ciro Immobile bawa Italia atasi Irlandia Utara 2-0


Susunan pemain

Belanda 4-2-3-1: Tim Krul; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Owen Wijndal; Davy Klaassen (Ryan Gravenberch 79'), Frenkie de Jong; Steven Berghuis (Calvin Stengs 84') Georginio Wijnaldum (Donny van de Beek 79'), Memphis Depay (Steven Bergwijn 89'); Luuk de Jong (Ryan Babel 79').

Latvia 4-2-3-1: Roberts Ozols; Vladislavs Fjodorovs, Antonijs Cernomordijs, Igors Tarasovs, Raivis Andris Jurkovskis (Vladislavs Gutkovskis 46'); Vladimirs Kamess, Arturs Zjuzins (Kriss Karklins 46'), Kristers Tobers, Andrejs Ciganiks (Aleksandrs Solovjovs 86'); Janis Ikaunieks (Raimonds Krollis 88'), Roberts Uldrikis.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021