Delapan peserta Indonesia raih absolute winner kompetisi matematika

Delapan peserta Indonesia raih absolute winner kompetisi matematika

Presiden I-EMC, Tian Abdul Aziz, dalam acara Virtual Award Ceremony I-EMC 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Sabtu (27/3) (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak delapan peserta asal Indonesia berhasil meraih penghargaan absolute winner dalam kompetisi matematika internasional, yakni International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) yang diselenggarakan secara daring pada 20 Maret 2021.

Delapan peserta tersebut, yakni Rafael Kristoforus Yanto, Naina Aqeela Zahira, Charisma Pramudya Rusdiyanto, Michelle Aurelia Yudianto, Bama Pangestu Alfareza, Muhammad Jilan Wicaksono, Kelven Nathanael, dan Ernest Regia Achmad Chandra.

"Kompetisi matematika daring ini bertujuan untuk tetap memotivasi para siswa dalam belajar di tengah pandemi COVID-19. Ajang ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri, karena memudahkan para pelajar untuk mengikuti kompetisi internasional tanpa melalui berbagai macam seleksi nasional di negara mereka masing-masing, karena kompetisi ini adalah kompetisi yang terbuka, "ujar Presiden I-EMC, Tian Abdul Aziz dalam acara Virtual Award Ceremony I-EMC 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kompetisi matematika daring internasional kembali digelar

Baca juga: Kompetisi matematika EMC kembali digelar secara daring


Tian menambahkan kompetisi secara daring tersebut diikuti oleh siswa-siswa brilian dari seluruh dunia.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Eduversal tersebut bertujuan untuk menstimulasi kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi menyampaikan selamat untuk para peserta yang telah berpartisipasi dalam I-EMC karena tetap berprestasi di tengah pandemi.

Asep juga menyatakan bahwa I-EMC merupakan pengalaman berharga untuk semakin mencintai matematika sekaligus saling berbagi dan membangun jaringan persahabatan dunia, karena para peserta nantinya akan menjadi calon pemimpin di masa depan.

I-EMC 2021 dibagi menjadi tiga level, yaitu Primary (usia 9 - 12 tahun), Junior (usia 13 - 15 tahun) dan Senior (usia 16 -18 tahun). Kompetisi ini terbuka untuk pelajar dari seluruh dunia untuk menguji kemampuan matematikanya di tingkat Internasional.

Pada tahun sebelumnya, kompetisi itu diikuti 36 negara dari seluruh dunia. Pada 2021, kompetisi itu diikuti 1.000 peserta dari 53 negara, seperti Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Vietnam, Kazakhstan, Afrika Selatan Brasil dan lainnya.

Baca juga: Kompetisi matematika SMC 4.0 diselenggarakan secara daring

Baca juga: Eduversal gelar kompetisi matematika daring


Pemenang pertama mendapatkan iPad Generasi 8, pemenang kedua Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1, dan pemenang ketiga mendapatkan All new Kindle Paperwhite 2020.

Para juara I-EMC 2021 terdiri dari juara satu, dua dan tiga dari masing-masing level sebagai absolute winner.

Selain itu, ada juga peraih medali emas untuk lima persen peserta terbaik, medali perak untuk 10 persen peserta terbaik selanjutnya, medali perunggu untuk 15 persen peserta terbaik selanjutnya, dan honorable mention untuk 20 persen peserta terbaik selanjutnya.
Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021