Grebek Sungai, program unggulan atasi banjir di Bandarlampung

Grebek Sungai, program unggulan atasi banjir di Bandarlampung

Sejumlah Warga, ASN, TNI dan Polri sedang membersihkan sungai dalam rangka melaksanakan Program Grebek Sungai yang menjadi program unggulan Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana dalam mengatasi banjir, Jumat (26/3/2021). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana menyebutkan Program Grebek Sungai  atau membersihkan kali dan gorong-gorong secara bergotong-royong menjadi program unggulannya guna mengatasi banjir.

"Program ini kita jalankan setiap satu pekan sekali secara bersama-sama setiap hari Jumat, dengan seluruh stakeholder dan masyarakat untuk membersihkan sedimen yang menumpuk di sungai-sungai kota ini," kata Eva Dwiana di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, dengan mengeruk ataupun membersihkan sungai dari sampah dan sedimen yang menumpuk aliran air saat hujan dapat mengalir dengan baik.

"Untuk sekarang ada di dua tempat yang sungainya kita bersihkan, di Kedamaian dan Tanjung Senang, Insya Allah semua sesuai target, yang memang air sungai sering naik saat hujan dengan dikeruk mudah-mudahan tidak lagi," katanya.

Baca juga: Bandarlampung terima bantuan ekskavator dari Bukit Asam

Selain itu, wali kota perempuan pertama di Bandarlampung tersebut mengatakan akan lebih mempercantik sungai-sungai di kota ini.

"Setelah kita keruk dan sudah tidak musim hujan Insya Allah sungai-sungai akan kita percantik untuk masyarakat Bandarlampung," kata dia.

Kemudian, ia juga menyatakan akan meninggikan tanggul di beberapa sungai di kota ini yang dirasa masih terlalu rendah.

"Nanti setelah selesai pengerukan kita juga akan coba tinggikan tanggul di beberapa sungai, saya sudah bicara bersama Dinas Pekerjaaan Umum (PU) terkait permasalahan ini," kata dia.

Eva juga mengimbau kepada warga Bandarlampung untuk tetap bekerja sama dalam menjaga lingkungan khususnya tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

“Sekali lagi untuk menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemkot tapi kita semua yang ada di dalamnya. Jangan buang sampah sembarangan di sungai, nanti akibatnya ke kita lagi," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung fokus tangani COVID-19 dan mengatasi banjir
Baca juga: DKI kerahkan 8.000 personel untuk Grebek Lumpur hindari genangan
Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021