Ilkay Gundogan antar Jerman lumat Islandia 3-0

Ilkay Gundogan antar Jerman lumat Islandia 3-0

Gelandang tim nasional Jerman Ilkay Gundogan (kanan) menghindari hadangan bek Islandia Alfons Sampsted dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Kamis (25/3/2021). (ANTARA/REUTERS/Tobiasz Schwarz)

Jakarta (ANTARA) - Ilkay Gundogan mengantarkan tim nasional Jerman melumat Islandia dengan skor 3-0 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gelandang berusia 30 tahun itu seolah membawa serta penampilan gemilang yang diperlihatkannya di Manchester City, dengan 16 gol dalam 34 pertandingan semua kompetisi, ke skuad Der Panzer.

Pada menit ke-56 pertandingan, Gundogan mampu menusuk ke dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Serge Gnabry sebelum melepaskan penyelesaian apik yang tak terjangkau upaya halauan kiper Hannes Halldorsson, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Ilkay Gundogan siap pensiun di Manchester City
Baca juga: Guardiola puas Gundogan buktikan bisa mainkan peran "false nine"


Gol itu menandai kembalinya nama Gundogan di papan skor bersama Jerman, setelah terakhir kali mencetak gol pada 13 Oktober 2019 saat mengemas dua gol ke gawang Estonia.

Sebelum gol Gundogan, Jerman mampu memimpin 2-0 hanya setelah pertandingan baru berusia tujuh menit melalui tembakan apik Leon Goretzka dan Kai Havertz.

Dalam pertandingan Grup J lainnya yang berlangsung bersamaan di Stadion National Arena, Bucharest, tuan rumah Rumania harus berjibaku untuk mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 3-2.

Baca juga: Jerman tetap lakoni laga melawan Islandia
Baca juga: Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik gantikan Loew


Keunggulan tuan rumah lewat Florian Tanase dan Valentin Mihaila sempat raib karena dua gol beruntun yang diciptakan Arijann Ademi dan Alesandar Trajkovski. Tetapi Ianis Hagi mengunci kemenangan Rumania lewat tembakannya lima menit jelang bubaran waktu normal.

Sementara itu di Stadion Rheinpark, Vaduz, tuan rumah Liechtenstein menelan kekalahan tipis 0-1 dari Armenia akibat gol bunuh diri Noah Frommelt.

Grup J akan kembali menggelar pertandingan putaran kedua pada Minggu (28/3), ketika Jerman bertandang ke Rumania, Armenia menjamu Islandia dan Makedonia Utara menghadapi Liechtenstein.

Baca juga: Ciro Immobile bawa Italia atasi Irlandia Utara 2-0
Baca juga: Swiss bekap Bulgaria ketika Denmark bungkam Israel
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021