Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengimbau pemerintah dan satgas di daerah mengambil langkah antisipatif untuk mencegah kerumunan menjelang hari libur perayaan Paskah 4 April 2021.

"Satgas mengimbau sepekan ke depan pemerintah dan satgas daerah dapat mulai mengambil langkah antisipatif untuk mencegah terjadi kerumunan dan mobilitas pada perayaan hari raya tersebut, terutama kerumunan di destinasi liburan," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Wiku mengingatkan bahwa perayaan Paskah 4 April 2021 bertepatan pada akhir pekan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, tanggal merah yang bertepatan pada akhir pekan memiliki potensi meningkatkan mobilitas masyarakat.

Baca juga: Satgas minta kabupaten/kota zona oranye telaah penanganan COVID-19

Baca juga: Satgas beberkan dampak positif PPKM Mikro jilid tiga di 10 provinsi


Wiku mengimbau masyarakat khususnya umat Nasrani, untuk tetap merayakan Paskah atau hari libur, dengan tetap berada di rumah bersama keluarga.

"Mohon kerja sama masyarakat untuk tidak berkerumun dan mengingat di masa pandemi akan jauh lebih aman jika liburan di rumah saja," ujarnya.*

Baca juga: Satgas sebut tren kasus konfirmasi COVID-19 secara nasional melandai

Baca juga: Satgas sebut pemerintah hormati regulasi penanganan pandemi di Inggris

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021