Cilacap (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau Semen Indonesia Group didukung PT Solusi Bangun Indonesia Tbk selaku anak perusahaan menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, guna mendukung berbagai pembangunan infrastruktur di wilayah itu.

Bantuan program SIG Peduli tahun 2021 senilai Rp1,63 miliar itu diserahkan secara simbolis oleh General Manager of CSR SIG Edy Saraya kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Gadri, Kantor Bupati Cilacap, Kamis.

Penyerahan bantuan yang diperuntukan bagi pembangunan drainase, rabat beton, pengaspalan jalan, renovasi gedung, paving untuk Pondok Pesantren Ainul Huda Kesugihan Kidul, serta seperangkat gamelan Jawa itu dihadiri General Manager PT Solusi Bangun Indonesi Tbk Istifaul Amin dan para penerima bantuan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memberikan apresiasi kepada SIG atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat Cilacap.

"Berbagai bantuan yang diberikan SIG tentu akan membantu masyarakat dalam situasi pandemi ini. Pembangunan memberikan dampak pemulihan ekonomi," katanya.

Sementara itu, General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengharapkan bantuan pertanggungjawaban sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang disalurkan kepada masyarakat tersebut menjadi bagian dari program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi COVID-19.

Menurut dia, bantuan sarana dan prasarana yang disalurkan terutama untuk membantu kelancaran roda ekonomi masyarakat di desa.

"Tentu nanti akan ada pekerjaan dan menyerap tenaga kerja lokal. Di sisi lain, ini bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat dalam membangun desanya agar lebih baik," katanya.

Selain itu, SIG juga sangat peduli terhadap pelestarian budaya daerah yang masih dijaga terutama untuk peralatan gamelan Jawa.

Ia mengatakan pada tahun 2020, SIG juga telah menyalurkan bantuan di Kabupaten Cilacap berupa pembangunan saluran air dan tanggul penahan longsor, pengaspalan jalan, serta bantuan pendidikan senilai Rp503 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi dan peningkatan pendidikan masyarakat pada masa pandemi COVID-19.

Menurut dia, sebagian proyek bantuan tahun 2021 telah dilaksanakan dan sebagian lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

Salah seorang perwakilan penerima bantuan, Miftahul Ulum menyampaikan terima kasih karena pihaknya mendapatkan bantuan berupa paving seluas 1.100 meter persegi.

"Paving ini kami gunakan untuk halaman dan jalan-jalan di pesantren. Ini sangat membantu untuk kelancaran kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler lainnya dan membuat pesantren menjadi nyaman dan asri," kata pengasuh Pondok Pesantren Ainul Huda itu. ***1***

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021