Hipmi perlu menjadi bagian dari solusi kemajuan ekonomi Indonesia
Surabaya (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur (Jatim) maupun pusat terus berinovasi dan pantang menyerah sehingga menjadi bagian dari kekuatan besar yang mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Hipmi perlu menjadi bagian dari solusi kemajuan ekonomi Indonesia," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidato secara virtual pada pembukaan Musda XIV Hipmi Jawa Timur di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, kader-kader muda Hipmi adalah wajah masa depan ekonomi Indonesia yang memegang kunci kemajuan Indonesia.

Selain itu Ketua DPR RI  itu berpesan agar kader-kader Hipmi bersiap menghadapi kondisi ekonomi pasca-setahun pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah kita mulai melihat titik terang di ujung jalan. Memang belum terlalu benderang, tapi hawa hangatnya sudah terasa dan mulai membangkitkan optimisme terhadap masa depan Indonesia, termasuk di bidang ekonomi," ucap Puan Maharani.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kabinet Indonesia Maju seperti kabinet HIPMI

Sikap optimistis itu, kata dia, dilandasi oleh prediksi beberapa lembaga dunia seperti Bank Dunia dan OECD yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi RI tahun ini di kisaran empat persen lebih.

"PMI Manufaktur Indonesia mengalami tren yang meningkat dari bulan ke bulan sejak September 2020 hingga saat ini," kata politikus asal PDI Perjuangan tersebut.

Sementara itu Puan Maharani juga mengajak anggota Hipmi ikut menyukseskan program vaksinasi yang akan membuat sikap optimistis untuk lepas dari pandemi semakin menguat.

"Termasuk ikut berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong. Tentu melalui koordinasi yang kuat dengan Kementerian Kesehatan dan kementerian terkait lainnya," tutur putri mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri tersebut.

Baca juga: Erick Thohir: Kini banyak pengusaha tumbuh bukan karena keberpihakan

Ketua DPR RI Puan Maharani juga meminta anggota Hipmi membangun sikap optimistis yang terkalkulasi sehingga jangan sampai terlena dan lengah karena sudah melakukan vaksinasi yang nantinya dikhawatirkan malah menghambat momentum positif.

"Kalau dengan vaksinasi ini dianggap sudah seperti masuk gigi 1, atau bahkan gigi 2, tinggal dilihat bagaimana supaya bisa cepat masuk gigi-gigi berikutnya," kata Puan Maharani.

Di akhir pidatonya Ketua DPR RI itu berpesan agar Hipmi bergotong royong dengan pemerintah untuk menghadirkan ekosistem dunia usaha yang sehat dan produktif serta inklusif, baik di masa maupun usai pandemi.

Baca juga: OJK bersinergi dengan Hipmi dorong pemulihan ekonomi

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021