Pelatih apresiasi adaptasi pemain timnas putri

Pelatih apresiasi adaptasi pemain timnas putri

Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada memberikan keterangan usai skuadnya menaklukkan Bina Sentra Cirebon 15-0 dalam laga uji coba di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (17/3/2021). Pertandingan itu menjadi bagian dari pemusatan latihan persiapan SEA Games 2021 di Jakarta. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada mengapresiasi adaptasi para pemainnya dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta yang digelar mulai 8 Maret 2021.

"Para pemain sudah beradaptasi dengan pola latihan yang diterapkan oleh tim pelatih sejauh ini dan tidak ada kendala sama sekali," ujar Rudy, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu.

Juru taktik berusia 38 tahun itu pun merasa lebih lempang dalam mempertajam cara bermain skuadnya di lapangan.

Baca juga: Pelatih coret lima pemain timnas putri sebagai bagian 'keluar-masuk'

Memasuki pekan ketiga TC, selain cara bermain, kondisi fisik dan stamina pun menjadi fokus latihan yang intensitasnya terus ditingkatkan.

Demi mengasah insting berlaga skuadnya, Rudy juga menjadwalkan laga uji coba pada Rabu dan Jumat setiap minggunya.

Berikutnya, pria berlisensi pelatih AFC Pro tersebut berencana mempertemukan skuad asuhannya dengan tim putra.

"Sejauh ini kami sudah beruji coba secara internal dengan tim wanita. Sayangnya lawan yang dihadapi masih kurang memberikan tekanan kepada para pemain. Mereka butuh tekanan yang lebih tinggi dan kemungkinan kami akan melakukan uji coba dengan tim pria pada pekan ini," tutur dia.

Sementara gelandang timnas putri Viny Silfianus menyebut bahwa dia dan rekan-rekannya selalu fokus untuk menjalani seleksi meski latihan semakin berat.

Baca juga: Sabreena Dressler bertekad terus perbaiki performa di timnas putri

"Latihannya tetap berada di intensitas tinggi, sama seperti pekan sebelumnya karena kami biasanya latihan tiga kali yakni pagi, siang dan malam terutama di awal minggu seperti Senin dan Selasa. Namun memang ada perubahan intensitas saat memasuki pertengahan minggu hingga akhir pekan. Harapan saya tentu yang terbaik untuk saya dan teman-teman semoga bisa lolos sampai akhir dan bisa bawa nama baik Indonesia," kata Viny.

Timnas putri Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 8-31 Maret 2021.

Utamanya, TC ini menjadi persiapan menuju SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam pada November-Desember.

Namun, sebelum itu, timnas putri dijadwalkan berlaga di beberapa kompetisi seperti Turnamen Jenesys di Jepang serta lainnya seperti Piala AFF U-16, U-19 serta Piala AFF senior putri.

Baca juga: Ketum PSSI apresiasi latihan yoga timnas putri
 
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021