Pertemuan itu bisa terjadi antara semua stakeholder di Aceh dengan Presiden RI
Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh bakal menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk memastikan jadwal dan tahapan Pilkada Aceh dapat diselenggarakan pada tahun 2022 mendatang.

"Saya pertegas bahwa DPR Aceh dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh serta stakeholder lainnya akan bertemu Presiden," kata Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, di Banda Aceh, Rabu.

Kesimpulan tentang rencana bertemu Presiden itu diputuskan dalam rapat koordinasi dan penegasan sikap bersama terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Aceh 2022 antara DPR Aceh, Pemerintah Aceh, dan pimpinan partai politik lokal maupun nasional di Aceh.

Dahlan mengatakan, setelah adanya persetujuan bersama dari rapat koordinasi ini, pihaknya segera membicarakan mengenai jadwal mengunjungi Presiden.

"Kami segera memastikan pertemuan itu bisa terjadi antara semua stakeholder di Aceh dengan Presiden RI," ujar Dahlan.

Dahlan menuturkan, hasil kesepakatan dari rapat koordinasi itu juga diteruskan kepada Gubernur Aceh, untuk kemudian secara bersama-sama bertemu Presiden RI.

Dalam pertemuan itu, nantinya DPR Aceh menyampaikan kepada penyelenggara negara terkait dengan ketentuan dan norma yang ada dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) atau lebih spesifik mengenai Pilkada Aceh.

"Saya kira dengan demikian kegelisahan kita bersama dan juga teman-teman penyelenggara dari KIP (Komisi Independen Pemilihan) Aceh bisa terobati. Termasuk kami sampaikan hal-hal taktis lainnya," kata politikus Partai Aceh itu pula.
Baca juga: Pilkada Aceh 2022, Wali Nanggroe Aceh disarankan temui Presiden
Baca juga: KPU nyatakan tahapan Pilkada Aceh tidak bisa dilaksanakan tahun 2022

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021