kegiatan di luar rumah sangat dibutuhkan
Surabaya (ANTARA) - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur bakal menggelar Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi) yang diklaim baru pertama di Tanah Air.

"Ini perkemahan di masa pandemi COVID-19," ujar Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil di Surabaya, Selasa.

Persemi dijadwalkan digelar pada 27-28 Maret 2021 di Kabupaten Jember dan direncanakan dibuka oleh Kamabida sekaligus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Total pesertanya sekitar 250 orang, termasuk pelatih serta pengurus Kwarcab se-Jatim.

Baca juga: Kwarnas Pramuka bantu korban tsunami dan COVID-19 di Banten

Area perkemahan, kata dia, cukup lapang karena luasnya mencapai 54 hektare dan tertutup pagar sehingga aman dari kerumunan warga, ditambah sarana prasarana memadai seperti listrik serta keamanan lingkungan.

"Apalagi selama pandemi anak-anak lebih banyak melakukan segala kegiatan di dalam rumah. Padahal kegiatan di luar rumah sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak," kata dia.

Melalui gagasan tersebut, lanjut Arum, anak-anak diharapkan bisa kembali melakukan aktivitas di luar ruangan dengan tetap aman karena mengedepankan protokol kesehatan.

"Nah, Pramuka mencoba untuk bagaimana cara pendidikan dijalankan. Tidak harus di dalam ruangan, tapi face to face sesamanya harus dijalankan, tidak mungkin terus-terusan secara virtual," kata Arum.

"Virtual hanya sesaat dalam proses transisi, tapi perlu adaptasi sampai menemukan format yang sekarang ini dicoba," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Khofifah: Pramuka harus lantang ajak warga disiplin protokol kesehatan

Sementara itu, Persemi akan menjadi percontohan kegiatan perkemahan di masa pandemi yang kegiatannya tentang tutorial pelaksanaan berkemah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Ada tutorialnya di situ, seperti tenda dibangun, tutorial bertemu, bagaimana cara berinteraksi, dan bagaimana caranya kalau mau makan, termasuk MCK dan seterusnya," katanya.

Pihaknya berharap Persemi yang digagas Kwarda Jatim tersebut berjalan sukses sehingga bisa diadaptasi secara nasional.

Baca juga: Gubernur Jatim dukung Program Pramuka Prasiaga
Baca juga: Wagub Jatim : jadikan Pramuka tidak kuno

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021