Nunukan (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Surya Chandra menyatakan pemerintah sedang berupaya melakukan sertifikasi terhadap pulau-pulau terluar dan terdepan, termasuk Pulau Karang Unarang yang berada di tapal batas antara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan seluruh pulau terluar terutama wilayah yang berada diperbatasan negara salah satunya Pulau Karang Unarang di Kabupaten Nunukan ini, kara Surya Chndra saat berkunjung di Kabupaten Nunukan, Selasa.

"Sekarang ini pemerintah melalui instruksi Presiden Joko Widodo semua pulau terluar akan disertifikatkan, salah satunya Pulau Karang Unarang," ujar dia.

Baca juga: KKP sertifikasi 47 bidang tanah di 41 pulau kecil

Langkah pemerintah tersebut, terutama pulau yang berbatasan dengan negara lain, agar tidak menimbulkan permasalahan atas klaim sepihak terhadap wilayah NKRI.

Dalam rangka sertifikasi Pulau Karang Unarang, Wamen ATR/BPN RI ini akan mengunjungi pulau tersebut. Pulau Karang Unarang ini berada di perairan lepas segitiga antara Indonesia, Malaysia dan Filipina di Pulau Sebatik.

Surya mengungkapkan sampai saat ini baru sebagian pulau terluar Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat sehingga ke depannya diupayakan untuk mendapatkan legalitas oleh Pemerintah.

Baca juga: Antisipasi isu sensitif, Pulau Rangsang di Riau disertifikasi KKP

Baca juga: Menteri Agraria: 43 pulau terluar sudah tersertifikasi

Pewarta: Rusman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021