Saya melihat antusiasme peserta tinggi sekali
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali menilai kalangan lanjut usia (lansia) antusias menjadi peserta vaksinasi COVID-19 di Ancol, Jakarta Utara.

"Saya melihat antusiasme peserta tinggi sekali,” kata Marullah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dinamis di SDN Ancol 03, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin. 

Untuk saat ini, kata Marullah, pemerintah masih terus menggencarkan vaksinasi di wilayah tersebut, terutama untuk warga yang masuk segmentasi lansia.

Tingginya antusiasme itu dibuktikan dengan data pendaftaran peserta pada Senin ini yang telah mencapai 270 orang. Padahal target sasaran peserta vaksinasi hanya 200 orang dalam setiap hari.

Baca juga: Sekda DKI minta perangkat daerah pastikan lansia dapat vaksin

“Kelurahan Ancol itu kira-kira lansianya (target sasaran vaksinasi) ada sekitar 1.500 orang. Hari ini yang datang ke sini sudah lebih 270 orang. Itu artinya, sambutan warga terhadap vaksinasi ini baik sekali,” kata Marullah.

Ia menjelaskan permasalahan COVID-19 bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta semata, namun sudah menjadi tanggung jawab bersama.

Untuk itu, Marullah berterima kasih kepada pemangku kepentingan lainnya (stakeholder), pengurus RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dasawisma hingga Karang Taruna yang turut berkolaborasi dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19.

“Vaksinnya disediakan oleh pemerintah, kemudian masyarakat mengajak lansia untuk melakukan vaksinasi di lokasi ini. Saya terima kasih juga karena SDN ini sudah bisa dipakai sebagai faskes (fasilitas kesehatan) vaksinasi lansia ini. Mudah-mudahan kolaborasi dan kerja sama ini semakin memberikan kebaikan bagi masyarakat. InsyaAllah pada sehat semuanya,” kata Sekda Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Keluarga berperan penting bantu vaksinasi lansia

Dalam kunjungannya, Marullah juga menyerahkan sejumlah masker dan cairan pembersih tangan secara simbolis kepada Camat Pademangan dan Lurah Ancol.

Ia didampingi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, menyerahkan sejumlah masker dan cairan pembersih tangan kepada camat dan lurah.

Penyerahan masker dan cairan pembersih tangan itu diharapkan dapat bermanfaat dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kementerian BUMN perluas vaksinasi lansia bukan warga DKI Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021