Jakarta (ANTARA) - Ajax dan Villlarreal melenggang mulus ke perempat final Liga Europa setelah menegaskan agregat atas lawan masing-masing di pertandingan leg kedua 16 besar.

Ajax yang melawat ke Stadion Wankdorf, Bern, Swiss, membukukan kemenangan 2-0 atas Young Boys demi melengkapi agregat mereka menjadi 4-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

David Neres membuka keunggulan Ajax saat ia berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola pantul hasil umpan terobosan Dusan Tadic dalam situasi serangan balik pada menit menit ke-20.

Baca juga: Ajax menang telak leg pertama kontra Young Boys

Keunggulan itu digandakan Ajax empat menit memasuki babak kedua melalui eksekusi penalti Tadic setelah wasit Bobby Madden dan VAR sepakat memvonis Mohamed Camara melakukan pelanggaran handball di dalam area terlarang.

Young Boys sebetulnya sempat mencetak gol balasan pada menit ke-54 melalui sundulan Jean Nsame, tetapi gol itu dianulir karena Meschack Elia dinyatakan berada dalam posisi offside.

Sebaliknya, Ajax juga beroleh peluang bagus lain untuk memperlebar margin keunggulan mereka pada menit ke-78 melalui Oussama Idrissi, tetapi bek Fabian Lustenberger mampu menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Kendati demikian skor 2-0 yang bertahan hingga bubaran cukup bagi tim besutan Erik ten Hag untuk melanjutkan petualangan mereka di Liga Europa.

Baca juga: Duo bek tengah antar Villarreal menang di markas Dynamo Kiev

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Estadio de la Ceramica, dua gol Gerrard Moreno menyokong kemenangan 2-0 Villarreal atas Dynamo Kiev.

Villarreal lolos dengan skor agregat 4-0 dan Unai Emery terus menjaga asa menegaskan kepiawaiannya di kompetisi kasta kedua Eropa.

Baca juga: Slavia Praha singkirkan Rangers selepas menang di Ibrox
Baca juga: Pogba antar MU lewati Milan menuju perempat final Liga Europa
Baca juga: Tottenham angkat koper dari Liga Europa setelah kalah telak di Zagreb

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021