Angin kencang terjang tiga desa di Pamekasan

Angin kencang terjang tiga desa di Pamekasan

Salah satu rumah warga di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur rusak akibat kencang, Kamis (18/3/2021). (Abd Aziz)

Pamekasan (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang menerjang  tiga desa di Pamekasan, Jawa Timur, Kamis, dan menyebabkan sejumlah rumah warga di tiga desa di Kecamatan Proppo itu rusak.

Selain merusak rumah warga, hujan deras yang disertai angin kencang itu juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menutup akses jalan raya di Proppo menuju Kecamatan Omben, Pamekasan.

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 13.30 WIB dan tim telah terjun ke lapangan melakukan evakuasi dan memotong pohon tumbang yang menutup akses jalan raya," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan, Kamis malam.

Baca juga: Musibah tanah longsor Pamekasan kian meluas akibat cuaca buruk

Tiga desa yang dilanda angin kencang itu masing-masing Desa Jambringin, Samiran dan Desa Campor, Kecamatan Proppo, Pamekasan.

Selain merusak rumah warga, musibah itu juga merusak sebuah penggilingan padi milik Buhari di Desa Jambringin, Proppo.

"Kanopi rumah milik Abd Salam juga rusak diterjang angin kencang, berikut tiga rumah di Desa Samiran," katanya.

Baca juga: Jalur penghubung Pamekasan-Pasean ambles akibat hujan deras

Data sementara kerusakan rumah yang sudah diterima BPBD Pemkab Pamekasan pada musibah angin kencang yang disertai hujan deras itu sebanyak tiga rumah dan sebuah bangunan penggilingan padi di Desa Jamringin dan Samatan.

"Kalau di Desa Campor, tim kami masih melakukan pendataan dan menunggu laporan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: Pamekasan sediakan layanan antar-jemput gratis sejak pandemi COVID-19

Hujan deras disertai angin kencang akibat cuacar buruk yang melanda Pamekasan kali ini merupakan kali kedua dalam dua pekan terakhir ini.

Kasus serupa juga terjadi di Pamekasan, yakni di Kelurahan Gladak Anyar pada 11 Maret 2021. Kala itu tidak ada kerusakan material, hanya perkampungan warga di dekat kantor kelurahan tergenang banjir.

Baca juga: Mensos kunjungi lokasi longsor di Pamekasan
Pewarta : Abd Aziz
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021