Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo berharap pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual 2021 fase kedua menjadi momentum bangkitnya industri otomotif nasional.

"Saya berharap penyelanggaraan IIMS 2021 ini menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam pembukaan pameran IIMS Virtual 2021 fase kedua yang digelar daring, Kamis.

Bamsoet mengatakan penyelenggaraan pameran IIMS Virtual 2021 fase kedua ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari IIMS virtual fase pertama yang telah diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 28 Februari 2021 lalu.

Baca juga: IIMS virtual resmi digelar, pembuka sebelum IIMS 2021 hybrid

Baca juga: Penjualan mobil baru Februari 2021 turun 7 persen


Dia menyebut ajang IIMS virtual fase kedua ini merupakan bagian dari adaptasi dan inovasi untuk tetap mendorong geliat industri otomotif dan menggerakkan perekonomian nasional di tengah pandemi COVID-19.

Berkaca dari penyelenggaraan fase pertama, Bamsoet optimis IIMS Virtual 2021 fase kedua akan mampu membukukan transaksi yang optimal.

"Meskipun diselenggarakan secara virtual, tidak berarti menjadi hambatan dalam proses transaksi. Hal ini dibuktikan pada pameran IIMS fase pertama pada bulan Februari kemarin yang telah berhasil membukukan transaksi senilai Rp14 miliar," kata dia.

Lebih lanjut Bamsoet berharap berbagai kebijakan stimulus yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga industri otomotif dapat berkontribusi secara penuh dalam upaya pemulihan perekonomian nasional.

Diketahui, pemerintah telah memberikan sejumlah stimulus untuk meningkatkan daya beli masyarakat, antara lain melalui relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau (PPnBM) dan pemberlakuan uang muka 0 persen untuk kendaraan bermotor dengan spesifikasi tertentu.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh berharap melalui IIMS Virtual 2021 fase kedua seluruh pengusaha maupun penggiat otomotif tetap optimis menjalankan dan mengembangkan program yang mereka miliki.

"Seiring berjalannya waktu tantangan terus berubah. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah melewati berbagai dinamika hambatan yang ada dengan cara bahu-membahu menghadapinya dan berinisiatif memaksimalkan potensi mekanisme digitalisasi," ucap dia.

IIMS Virtual 2021 fase kedua dapat diakses seluruh kalangan melalui laman resmi www.indonesianmotorshow.com tanpa pungutan biaya. Pengunjung hanya perlu membuat akun melalui situs resmi dan segera bisa terhubung dengan pameran IIMS Virtual yang sedang berlangsung.

IIMS Virtual 2021 fase kedua berlangsung mulai 18 Maret hingga 4 April 2021 dan diharapkan akan mencapai kulminasi di IIMS Hybrid bulan April 2021 saat mendapatkan izin berpameran dari pemerintah, berupa pelaksanaan IIMS di JIExpo Kemayoran secara daring dan luring secara bersamaan.

Baca juga: Fitur VR 360 suguhkan pengalaman baru pengunjung IIMS Virtual 2021

Baca juga: Daftar promo penjualan IIMS Virtual 2021

Baca juga: GIAMM: 2021 perlu dihadapi dengan adaptasi dan inovasi
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021