Surabaya (ANTARA) - Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) memberikan apresiasi dan jaminan kerja bagi para perawat yang menjadi garda terdepan dalam membantu menangani pasien COVID-19.

"Apresiasi ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional ke-47. Adapun jaminan kerja itu diberikan dalam hal keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja dari staf perawat di RS Unair yang berjumlah 446 orang," ujar Direktur RS Unair Prof. dr. Nasronudin di Surabaya, Rabu.

Baca juga: Satgas COVID-19 usulkan beri penghargaan khusus pada perawat

Baca juga: Persatuan perawat soroti beban kerja hingga penyaluran insentif


Perawat, kata dia, memiliki peran vital sebagai pilar operasional layanan kesehatan yang melakukan kontak langsung dengan pasien.

"Di masa pandemi, peran perawat begitu besar sebagai salah satu penentu utama kesembuhan pasien," ucap dia.

Dalam memberikan jaminan kerja tersebut, RS Unair memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan canggih yang dapat mempermudah kerja para perawat.

"Kami memiliki alat komunikasi yang lengkap, penggunaan teknologi robot, jumlah APD yang memadai, alat-alat kesehatan yang canggih, serta pemisahan gedung pasien COVID-19 dan non-COVID-19. Semua dilakukan untuk mempermudah dan menjaga keselamatan kerja perawat," katanya.

Tidak hanya itu, RS Unair juga menjamin kesehatan fisik dan psikis para perawat melalui pemberian vitamin, nutrisi, dukungan psikologis, serta pembagian waktu kerja untuk menghindari kelelahan dan stres.

Sementara itu, Manajer Keperawatan RS Unair Prof. Kusnanto menambahkan perawat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan psikologis pasien agar tingkat kesembuhan mereka semakin besar.

"Untuk itu, kami secara rutin melakukan supervisi dan dukungan psikologis bagi perawat. Harapannya agar semangat dan pelayanan mereka tetap tinggi, hingga mampu menularkannya pada pasien," tutur Guru Besar Fakultas Keperawatan Unair tersebut.

Melalui jaminan dan pelayanan terhadap perawat, RS Unair hingga kini mencatatkan tingkat kesembuhan yang tinggi pada pasien COVID-19.

Baca juga: Hari Perawat Sedunia: Kontribusi Perawat Masih Terkendala UU

Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat Hari Perawat Nasional


Selain itu, melalui gelaran tersebut, jajaran petinggi RS Unair juga memberikan apresiasi dengan membagikan bingkisan kepada semua pasien serta memberikan penghargaan Ners Idol bagi para perawat yang berprestasi.

"Kami berharap peringatan ini dapat menjadi wahana semangat dan energi baru bagi perawat kita yang setahun ini telah berjibaku dalam penanganan pandemi. Kami berharap pemerintah ke depannya akan semakin memperhatikan kesejahteraan perawat, entah melalui insentif, status PNS, maupun jaminan jelas bagi kariernya ke depan," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021