Polres Jaksel kerahkan 300 personel untuk amankan sidang Rizieq Shihab

Polres Jaksel kerahkan 300 personel untuk amankan sidang Rizieq Shihab

Personel Kepolisian membubarkan massa pendukung saat berlangsungnya sidang perdana kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Sidang tersebut beragendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan mengerahkan sekitar 300 personel untuk mengamankan sidang praperadilan terkait penangkapan dan penahanan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Pengamanan standar saja, dalam artian tidak ada istimewa sebenarnya," kata Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Antonius Agus Rahmanto di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, personel bersiaga di ring tiga dan sekitar area PN Jakarta Selatan. Pengamanan juga didukung petugas dari Polsek terdekat dan Polda Metro Jaya namun sifatnya biasa.

Baca juga: Sidang ditunda, simpatisan Rizieq Shihab tinggalkan PN Jakarta Timur
Baca juga: Sidang perdana Rizieq Shihab ditunda karena masalah koneksi internet


Dalam pengamanan itu juga melibatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) sebagai bagian prosedur tetap (protap).

"Protap itu harus ada. Setiap kali sidang selalu ada itu (Damkar), jadi protap biasa hanya untuk antisipasi saja menjaga hal yang tidak diinginkan," katanya.

Polisi juga tidak melakukan penyekatan di sekitar area PN Jakarta Selatan dan hanya melakukan pemantauan jalur di sekitar lokasi.

Adapun agenda sidang praperadilan adalah pembacaan putusan sah tidaknya penangkapan Rizieq Shihab.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021