kita merencanakan penataan kawasan, membangun kembali rumah-rumah yang terbakar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama BAZNAS - BAZIS Provinsi DKI Jakarta segera membangun 31 rumah di Kelurahan Kwitang, Jakarta Pusat, yang terkena dampak musibah kebakaran pada Sabtu (13/3) lalu.

"Kami ingin memberi kebahagiaan bersama dengan BAZNAS dalam rangka kita merencanakan penataan kawasan, membangun kembali rumah-rumah yang terbakar," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat meninjau lokasi terdampak kebakaran di Jalan Kembang 5 RT 009/RW 02, Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa sore.

Baca juga: Tumbuhkan bisnis milenial, Baznas Jaksel gelar kompetisi Jakbee

Dalam peninjauan tersebut, sejumlah pemangku kepentingan turut terlibat dalam mendiskusikan pembangunan 31 rumah terdampak kebakaran, seperti Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, serta BAZIS (Badan Amil Zakat, Infak, dan Sodaqoh) DKI Jakarta.

Saat ini, Pemkot Jakarta Pusat telah melakukan sosialisasi terhadap warga guna penataan kawasan rumah.

Baca juga: Baznas-Bazis Jakarta Utara siapkan 500 kuota beasiswa

Kemudian, diskusi lebih intensif akan difasilitasi oleh Lurah Kwitang terkait konsep pembangunan rumah yang melibatkan penghuni dan konsultan dari BAZIS.

"Setelah konsep jadi, baru kita akan merapatkan di tingkat Kota terkait dengan lingkungannya, misalnya jalanan lingkungan oleh Bina Marga, tata kelola air dari Sumber Daya Air," kata Dhany.

Ia menambahkan bahwa antisipasi kebakaran juga akan dilakukan oleh PT PLN (Persero) serta Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat agar pembangunan kawasan rumah dapat memenuhi standar keamanan. Dengan begitu, kasus kebakaran akibat korsleting listrik di Kelurahan Kwitang tidak terulang.

Baca juga: Baznas Bazis salurkan 1.500 paket sembako di Kepulauan Seribu

Seperti diberitakan, kebakaran melanda permukiman di Jalan Kembang 5, RT 009/RW 02, Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (13/3).

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal menyatakan pihaknya menerima informasi terkait kebakaran pada pukul 05.35 WIB.

Sebanyak 13 unit mobil damkar dikerahkan untuk menaklukkan si jago merah. Sekitar pukul 07.10 WIB, api berhasil dipadamkan.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021