Ratu Elizabeth perdana tampil di depan publik sejak wawancara Oprah

Ratu Elizabeth perdana tampil di depan publik sejak wawancara Oprah

Ratu Inggris Elizabeth II kembali ke Istana Buckingham setelah menghadiri Pembukaan Parlemen Negara Bagian, di Gedung Parlemen, di Westminster, London. ANTARA/REUTERS/PA Images/Dominic Lipinski/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ratu Elizabeth dari Inggris tampil di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak wawancara Pangeran Harry dan Meghan bersama Oprah Winfrey ditayangkan di televisi dan menggucang kerajaan, tapi dia sama sekali tidak mengungkit wawancara tersebut.

Dalam wawancara yang tayang Minggu waktu setempat, Meghan mengatakan salah satu anggota keluarga mengatakan komentar rasis dan Harry mengkritik keluarganya mengenai bagaimana mereka menanggapi perlakuan media terhadap istrinya.

Pada Kamis, Pangeran William kakak Harry mengatakan kepada pewarta "kami bukan keluarga rasis", sehari setelah sang ratu mengeluarkan pernyataan bahwa keluarga merasa sedih mengetahui perasaan Harry dan Meghan pada awal pernikahan.

Baca juga: "Kami tidak rasis", kata Pangeran William

Baca juga: Pangeran Charles tolak komentari wawancara Meghan-Harry


Surat kabar The Sun, mengutip sumber anonim, mengatakan bahwa Pangeran Charles, ayah Harry, ingin mengeluarkan bantahan untuk setiap poin, tapi keluarga kerajaan memutuskan untuk tidak melakukan itu.

Dalam panggilan video bersama ilmuwan dan anak sekolah untuk merayakan Pekan Sains Inggris, ratu sama sekali tidak menyentuh soal wawancara, seperti keluarga kerajaan pada umumnya yang tidak mengumbar masalah pribadi.

Sebagai gantinya, ratu mendiskusikan informasi terbaru dari misi Mars Perseverance NASA, juga penemuan meteorit langka yang mendarat di Gloucestershire, Inggris barat bulan lalu, yang pertama kali ditemukan di Inggris selama 30 tahun terakhir.

"Saya lega itu tidak menabrak siapa pun," seloroh Ratu.

Ketika diberitahu oleh ilmuwan luar angkasa Maggie Aderin-Pocock bahwa dia terinspirasi berkarier dari Yuri Gagarin, manusia pertama di luar angkasa pada 1961, Ratu Elizabeth yang telah bertakhta 69 tahun mengenang pertemuan pertamanya dengan Yuri Gagarin di Istana Buckingham.

Saat ditanya seperti apa Yuri Gagarin, dia menjawab, "Orang Rusia, dia tidak bicara bahasa Inggris. Dia orang yang menarik, dan saya kira jadi yang pertama (di luar angkasa), sangat menarik."

Baca juga: Ratu Elizabeth tanggapi wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle

Baca juga: Ratu Elizabeth ungkap rasanya divaksin COVID-19, cepat dan tidak sakit

Baca juga: Pendapat warga Inggris terbelah soal Meghan-Harry, anak muda memihak
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021