Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, Kamis, melaporkan tambahan tiga kasus baru COVID-19, sehingga total jumlah warga yang terinfeksi SARS-CoV-2 per tanggal 11 Maret 2021 mencapai 1.123 orang.

"Tambahan sebanyak tiga kasus baru COVID-19 ini, juga menyebabkan jumlah pasien yang menjalani perawatan bertambah, dari sebelumnya 29 orang, kini menjadi 32 orang," kata Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah di Pamekasan, Kamis.

Arif menjelaskan, ketiga pasien baru COVID-19 itu semuanya berasal dari Kecamatan Pamekasan. Masing-masing SS (54), SA (50) dan AS (62).

Sebelumnya, kata Arif, ketiga orang itu masuk kategori suspek. Hasil tes usap ketiganya terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga tim Satgas COVID-19 langsung mengisolasi ketiganya di rumah sakit umum daerah di Pamekasan.

Baca juga: Pemkab Pamekasan laporkan tambahan 5 pasien sembuh dari COVID-19

Baca juga: Warga Madura positif COVID-19 capai 4.895 orang


Menurut Arif, dibanding tiga bulan sebelumnya, penambahan kasus baru COVID-19 sudah tergolong rendah, mengingat sebelumnya kasus harian COVID-19 antara lima hingga enam orang per hari.

"Rendahnya kasus baru ini, tentu tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Pamekasan, khususnya di desa dan kelurahan, juga menjadi salah satu penyebab turunnya penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pamekasan.

"Upaya melakukan sosialisasi melalui media dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) juga menjadi salah satu penyebab Pamekasan bisa menekan kasus baru COVID-19," katanya menjelaskan.*

Baca juga: Bupati Pamekasan instruksikan semua ASN rapid test

Baca juga: Perang TNI kini melawan COVID-19

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021