City gasak Southampton 5-2

City gasak Southampton 5-2

Gelandang serang Manchester City Kevin de Bruyne (kanan) melakukan selebrasi bersama Phil Foden selepas mencetak gol keduanya ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (10/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City menggasak Southampton 5-2 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris yang dimainkan lebih awal di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu waktu setempat.

Kevin de Bruyne dan Riyad Mahrez sama-sama mengemas dua gol untuk menyokong kemenangan City yang juga diwarnai sumbangan satu gol dari Ilkay Gundogan dan hanya dibalas Southampton dengan eksekusi penalti James Ward-Prowse dan sebuah gol Che Adams.

Hasil itu membawa City kembali ke jalur kemenangan setelah tren positif mereka berakhir dalam Derbi Manchester, sembari memantapkan kedudukan di puncak klasemen dengan koleksi 68 poin.

Sedangkan Southampton (33) yang menelan kekalahan ketiga dalam empat laga terakhir, tertahan pada urutan ke-14, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: MU pelihara asa juara berkat Derbi Manchester

City membuka keunggulan pada menit ke-15 lewat serangan pertama mereka yang diakhiri dengan tembakan De Bruyne menyambar bola muntah hasil sepakan Phil Foden yang sempat dimentahkan kiper Alex McCarthy.

Keunggulan itu tak bertahan lama karena 10 menit kemudian Southampton menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Ward-Prowse setelah Jannik Vestergaard dijatuhkan oleh Aymeric Laporte.

Southampton hampir berbalik memimpin pada menit ke-37 setelah merebut penguasaan bola di area pertahanan City, tetapi sayang tembakan penyelesaian Moussa Djenepo tidak menemui sasaran.

Tiga menit kemudian justru City berhasil merestorasi keunggulan setelah memanfaatkan kesalahan umpan Adams yang berhasil dikuasai Mahrez sebelum melakukan tusukan dan menaklukkan McCarthy dengan tembakan ke area tiang jauh.

Tepat pada momen terakhir injury time babak pertama, Gundogan memperlebar keunggulan City jadi 3-1 setelah sigap mencocor bola muntah tembakan De Bruyne yang memantul dari tiang gawang.

Baca juga: Pep Guardiola buka suara tentang masa depan Sergio Aguero di City
Baca juga: Gugup membuat Manchester City tumbang


City memasuki babak kedua dengan agresivitas tinggi dan pada menit ke-55 Mahrez dengan tenang melewati hadangan beberapa pemain setelah menerima umpan kiriman Foden dan menyelesaikannya dengan sepakan tajam tak terhentikan McCarthy.

Satu menit kemudian, Southampton menghidupkan asa mereka ketika Adams mencetak gol balasan untuk memperkecil ketertinggalan 2-4 usai memanfaatkan keteledoran pertahanan City.

Namun, De Bruyne segera merestorasi marjin tiga gol pada menit ke-59 dengan mengkonversi umpan kiriman Foden ke dalam gawang.

Southampton sempat mencetak gol lagi pada menit ke-85 melalui Adams, tetapi gol itu dianulir lantaran hakim garis sudah mengangkat bendera offside.

Selanjutnya City akan bermain Sabtu pekan ini dengan bertandang ke markas Fulham, sedangkan Southampton menjamu Brighton & Hove Albion di St. Mary's sehari kemudian.

Baca juga: Darren Fletcher jadi direktur teknik MU
Baca juga: Dirumorkan gantikan Klopp di Liverpool, ini respons Steven Gerrard
Baca juga: Ayah Cavani klaim putranya tidak akan perpanjang kontrak di MU
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021