Pemberian vaksinasi kepada petugas damkar ini merupakan program dari vaksinasi gelombang kedua
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 300 petugas pemadam kebakaran Jakarta Timur menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama yang dilakukan di Ruang Serbaguna Blok C Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu.

"Nanti untuk kedua ada lanjutan. Hari ini ada 300 orang," kata Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Rabu.

Baca juga: Pedagang Pasar Induk Kramat Jati sambut baik vaksinasi

Proses pemberian vaksin kepada petugas damkar ini juga melalui beberapa tahapan, seperti pengecekan kesehatan guna melihat kondisi tubuh calon penerima vaksin.

Ditargetkan sebanyak 800 anggota Sudin Gulkarmat Jakarta Timur menerima vaksinasi COVID-19 yang dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Melongok vaksinasi lanjut usia di Jakarta Utara

Pemberian vaksinasi kepada petugas damkar ini merupakan program dari vaksinasi gelombang kedua oleh pemerintah yang menyasar petugas pelayanan publik.

Baca juga: BPOM resmi terbitkan izin penggunaan darurat Vaksin AstraZeneca

Tujuan pemberian vaksin ini lantaran tugas pemadam kebakaran yang banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat. Selain itu pemberian vaksin juga bertujuan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021