dengan dioperasikan Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan dapat mempermudah akses pengguna jalan tol yang ingin melintas di Jalan Tol Medan-Binjai
Medan (ANTARA) - PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan mengoperasikan Ruas Tol Medan-Binjai seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 kilometer mulai Kamis (11/3) pukul 07.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, J. Aries Dewantoro dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Medan, Rabu, mengatakan sebelumnya telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14 hingga 15 Desember 2020 dengan hasil yang cukup baik.

Selain itu, Hutama Karya juga telah mendapatkan surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan.

Setelah mengantongi izin pengoperasian dari Menteri PUPR, lanjut dia, barulah pihaknya secara resmi membuka untuk umum jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan tersebut.

Sebelumnya, Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 1 Segmen Marelan-Helvetia sepanjang 2,75 kilometer telah lebih dulu dioperasikan sejak 6 Mei 2019 sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor 428/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Segmen Marelan-Helvetia.

"Kami berharap dengan dioperasikan Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan dapat mempermudah akses pengguna jalan tol yang ingin melintas di Jalan Tol Medan-Binjai," katanya.

Sementara GM Tol Belmera Rudi Hasudungan S Pardede mengatakan dengan beroperasinya Ruas Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia-Marelan tersebut, beban layanan di Gerbang Tol Tanjung Mulia akan berkurang.

"Artinya banyak kendaraan yang teralihkan ke Binjai. Gerbang Tol Tanjung Mulia tidak akan sepadat seperti biasanya," katanya.

Dengan mulai dioperasikannya Tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia segmen junction Tanjung Mulia-Marelan tersebut tentunya juga diharapkan layanan kepada masyarakat semakin baik.

"Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Kepada masyarakat juga kita harapkan dukungannya," katanya.


Baca juga: Libur akhir tahun, tol Medan-Binjai seksi I dioperasikan fungsional
Baca juga: Pemudik di tol Medan-Binjai dapat diskon 15 persen
Baca juga: HK keluarkan buku panduan bagi pemudik jalan tol Medan-Binjai

Pewarta: Juraidi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021