Anis Byarwati gantikan Ahmad Syaiku sebagai Wakil Ketua BAKN DPR

Anis Byarwati gantikan Ahmad Syaiku sebagai Wakil Ketua BAKN DPR

Anggota Fraksi PKS DPR RI Anis Byarwati (kedua dari kanan) usai dilantik menjadi Wakil Ketua BAKN DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin. (Dokumentasi Anis Byarwati)

Jakarta (ANTARA) - Fraksi PKS DPR RI menempatkan Anis Byarwati sebagai Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI menggantikan Ahmad Syaikhu.

"BAKN berkontribusi positif dalam pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas penggunaan keuangan negara," kata Anis dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memimpin langsung pelantikan Anis Byarwati sebagai Wakil Ketua BAKN di Ruang Rapat BAKN, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Baca juga: Azis Syamsuddin tetapkan pergantian pimpinan Komisi II DPR
Baca juga: Muhaimin Iskandar: Sekjen PKB akhirnya jadi anggota DPR
Baca juga: F-PDIP: pergantian Rieke perkuat kinerja di Baleg


Anis berharap, pengelolaan keuangan negara dapat lebih transparan dan akuntabel dan tentu saja tujuan akhirnya adalah menyejahterakan rakyat Indonesia.

Dia mengatakan, BAKN merupakan alat kelengkapan dewan yang bersifat tetap, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 Pasal 112A sampai dengan pasal 112G .

Dalam hal pengawasan penggunaan keuangan negara, BAKN berfungsi untuk melakukan penelaahan terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK RI.

"Karena itu, diharapkan keberadaan BAKN akan berkontribusi positif dalam pelaksaanaan transparansi dan akuntabilitas penggunaan keuangan negara serta menjaga kredibilitas atau kepercayaan publik/masyarakat terhadap DPR RI, khususnya dalam melaksanakan fungsi pengawasan," ujarnya.

Anis menjadi perempuan pertama yang duduk sebagai Wakil Ketua sekaligus anggota BAKN DPR RI hingga saat ini.

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021