Kapolri dan Panglima TNI tinjau vaksinasi di Polda Kepri

Kapolri dan Panglima TNI tinjau vaksinasi di Polda Kepri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hari Tjahjanto meninjau vaksinasi untuk prajurit dan personel TNI/Polri di Polda Kepulauan Riau, Jumat (5/3/2021) ANTARA/HO-Mabes Humas Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada prajurit dan personel TNI-Polri di Polda Kepulauan Riau (Kepri), pada Jumat.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono menyebutkan vaksinasi COVID-19 diberikan kepada 500 personel Polri dan 500 prajurit TNI.

"Sebelum mendapat suntikan vaksin COVID-19, anggota harus menjalani pemeriksaan awal, termasuk pengecekan suhu dan tekanan darah," kata Argo.

Menurut Argo, selain melakukan peninjauan vaksinasi terhadap anggota, Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan pengarahan kepada sejumlah pejabat TNI dan Polri di wilayah Provinsi Kepri.

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI saksikan penyuntikan vaksin COVID-19 di Palembang

Baca juga: Kapolda baru diminta antisipasi varian baru COVID-19


Sehari sebelumnya, Kamis (4/3) vaksinasi COVID-19 diberikan kepada seluruh pejabat utama Polda Kepri, para perwira, dan personel Polda Kepri.

Hari ini vaksinasi COVID-19 diberikan kepada anggota TNI-Polri yang belum melaksanakan.

"Suntikan vaksin ini hanya diberikan kepada anggota yang menurut hasil pemeriksaan kesehatannya layak untuk menjalani vaksinasi COVID-19," terang Argo.

Argo menambahkan, seluruh anggota Polri maupun prajurit TNI yang telah divaksin diberikan penegasan bahwa setelah divaksin anggota tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

"Walaupun nantinya telah menerima vaksin, kami tegaskan kembali kepada seluruh anggota agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ujar Argo.

Sementara itu Mabes Polri telah menerima 125 ribu vaksin tahap II. Vaksin tersebut didistribusikan ke sejumlah Polda, dengan rincian Mabes Polri sebanyak 25 ribu, Polda Jawa Timur 25 ribu vaksin.

Selanjutnya Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah, masing-masing mendapat 20 ribu vaksin. Berikutnya Polda Banten, Polda DI Yogyakarta dan Polda Bali, masing-masing mendapat 5 ribu vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lingkungan Polri berlangsung dua tahap. Tahap pertama tanggal 1-18 Maret dan tahap II tanggal 19 Maret sampai 8 April 2021.

Adapun jumlah personel Polri yang sudah divaksinasi tahap sampai saat ini sebanyak 2.733 personel dari total target 14.119 personel.

Baca juga: 1.000 anggota TNI/Polri di Kepri divaksin COVID-19

Baca juga: Menkes gandeng TNI-Polri percepat vaksinasi

Baca juga: Menkes minta TNI-Polri bantu pemerintah sukseskan vaksinasi massal


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021