Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menumbangkan unggulan kedelapan asal Inggris Ben Lane/Sean Vendy di babak 16 besar Swiss Open 2021 dengan dua gim langsung 21-19, 21-15 dalam durasi 42 menit di Basel, Kamis.

Leo/Daniel membuka laga dengan baik, unggul 11-5 saat interval gim pertama. Meski Lane/Vendy sempat berusaha mengejar, namun Leo/Daniel berhasil menutup kemenangan 21-19.

"Kami bermain bagus di awal. Sudah langsung masuk dengan pola yang kami inginkan. Tapi setelah interval, lawan mengubah pola menjadi lebih menekan, kami cukup kesulitan juga," kata Leo melalui keterangan tertulis PBSI, Kamis.

Baca juga: Leo/Daniel lewati babak pertama Swiss tanpa hambatan

Di gim kedua, pertandingan menjadi lebih ketat. Kejar mengejar angka terus terjadi hingga sebuah insiden di poin 9-8. Bola yang menurut Leo/Daniel keluar, dinyatakan "foul touch" oleh wasit setelah diprotes Lane/Vendy.

Ketatnya persaingan juga terlihat dari kedua pasangan yang saling mengintimidasi di lapangan. Meski begitu The Babbies sukses memenangkan gim kedua 21-15.

"Saya sedikit kesal dengan keputusan wasit. Itu sama sekali tidak menyentuh dan bolanya keluar. Tapi ya sudah namanya permainan. Saya juga bisa kontrol dan tidak berlarut-larut," Daniel menuturkan.

Baca juga: Herry IP arahkan ganda putra bulu tangkis senior gembleng junior

"Seperti yang saya bilang kemarin, kami waspadai semua hal termasuk serangan psikologis dari lawan. Dan (ternyata) kejadian. Tadi mereka mulai dengan menunda pertandingan. Jadi kami coba ladeni saja", Leo menambahkan.

Di babak perempatfinal, Leo/Daniel akan menghadapi unggulan pertama Aaron Chia/Soh Woi Yik asal Malaysia. Dari sisi rekor pertemuan, Leo/Daniel tertinggal 0-1.

"Kami bertemu pertama kali di Thailand kemarin dan kalah. Besok tetap main tanpa beban, main nekat. Kalah menang urusan belakangan. Tapi kami berharap bisa balas," ujar Daniel.

Dalam waktu yang sama, wakil Indonesia lainnya di sektor ganda putra yaitu Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan terhenti di babak kedua. Pramudya/Yeremia dikalahkan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty lewat pertarungan rubber game 17-21, 22-20, 17-21.

Baca juga: Strategi taktis jadi kunci Leo/Daniel kalahkan Adam/Maio
Baca juga: Herry IP evaluasi ganda putra muda per babak di Swiss Open
Baca juga: PBSI umumkan wakil Indonesia dari Swiss tak lanjut ke All England

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021