Pemkab Bogor komitmen serius layani publik lewat "MPP"

Pemkab Bogor komitmen serius layani publik lewat

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat berkomitmen untuk serius dalam melayani publik, melalui program Mall Pelayanan Publik (MPP), yakni pusat berbagai layanan secara satu atap.

Hal itu  ditandai dengan penandatanganan  komitmen terhadap MPP  oleh Wakil Bupati Bogor bersama 37 kepala daerah lainnya se-Indonesia di hadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

"Dengan berdirinya MPP di Kabupaten Bogor, masyarakat tidak perlu repot mengurus banyak hal. Hal administrasi hingga perizinan berusaha, bisa dilakukan dalam satu tempat," ungkap Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Kamis.

Namun, sebelum menandatangani komitmen tersebut, Pemkab Bogor telah menjalin kerja sama dengan PT Aeon Mall yang menyediakan tempat untuk diselenggarakannya program MPP.

Iwan menyebutkan bahwa MPP di Aeon Mall di Kawasan Sentul City sudah beroperasi sejak 2020. Semua pelayanan perizinan dan non perizinan tersedia satu pintu di MPP.

Berbagai layanan itu mulai dari pengurusan dokumen kependudukan dan catatan sipil, seperti e-KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, pelayanan paspor, Samsat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Badan Pendapatan Daerah (Bappenda), Badan Pertanahan Nasional (BPN), BJB, Polres Bogor, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS).

Iwan mengatakan, MPP yang memberikan efek percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi daerah yang kondusif bagi pertumbuhan investasi. Pasalnya, mall pelayanan publik diyakini memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat.

“Saya minta komitmen semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Menpan RB resmikan Mall Pelayanan Publik Tabalong, Kalsel

Baca juga: Pemkot Tangerang segera bangun dua mini mall pelayanan publik

Baca juga: SPBE suatu optimalisasi pelayanan publik di tengah pandemi

 
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021